Purabaya Dikembalikan Pada Pemkot Surabaya, Ini Pesan Menhub

Sabtu, 31 Des 2016 | 07.00 WIB

Purabaya Dikembalikan Pada Pemkot Surabaya, Ini Pesan Menhub

Kegiatan di terminal Purabaya atau Bungurasih (Centroone)


Centroone.com - Pengelolaan Terminal Tipe A Purabaya, Bungurasih kembali diserahkan kepada Pemkot Surabaya. Keputusan penyerahan kembali pengelolaan terminal tersebut kepada pemkot Kota Pahlawan, menurut Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden. Hal itu diungkapkan Budi saat melakukan kunjungan ke Purabaya, Jumat (30/12/2016).

Nantinya ditambahkan Budi, Pemkot Surabaya bakal bertindak sebagai pengelola dengan pusat sebagai pengawas.  "Jadi role-nya, Pemda yang mengelola, Pemerintah Pusat mengawasi. Kami yakin, Pemda Surabaya profesional," ujarnya kepada wartawan setelah mengunjungi beberapa ruangan dan bus di terminal.

Dalam kesempatan itu, Menhub sempat memberikan beberapa pesan terkait dengan pengelolaan terminal. Yang pertama agar Pemkot Surabaya membentuk Badan Layanan Umum. "Supaya Pemkot Surabaya bisa mengelola sendiri, uang masuk dan keluar, serta bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Catatan kedua, agar Pemkot Surabaya mencari konsultan properti. Untuk menarik minat para pedagang untuk menjual produknya di terminal tersebut."Penumpang itu kan, ekspektasinya lebih tinggi, sekarang. Kalau ada rawon atau soto, ya rawon atau soto yang enak. Mungkin mereka juga ingin ada cafe-nya. Nah, dengan adanya BLU dan konsultan properti, untuk mencapai 16 miliar atau 20 miliar, tidak susah," katanya.

Budi menilai, bangunan Terminal Purabaya sudah baik. Dia hanya mengamati, jalan di terminal agak bergelombang. Budi pun menyarankan pengaturan kendaraan lebih baik lagi. "Jangan sampai ada kendaraan yang memuat berlebihan," katanya.

Sebagai catatan, pengeluaran Pemkot Surabaya untuk biaya operasional termasuk pembangunan gedung dan perawatan terminal mencapai Rp16 miliar sementara uang yang masuk hanya Rp6 miliar. bbs