Ini Kriteria Standar Smart City Indonesia

Jumat, 16 Des 2016 | 07.00 WIB

Ini Kriteria Standar Smart City Indonesia

ilustrasi Smart City (IST)


Centroone.com - Smart City kini merupakan gerakan nasional yang terus digalakkan di Kabupaten atau Kota. Dari total 514 Kabupaten atau Kota yang ada di Indonesia, 50 diantaranya telah ditargetkan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas)  memenuhi kriteria Smart City. 

Wantiknas sendiri telah menunjuk  lima universitas di Indonesia untuk membantu menyosialisasikan dan membuat kriteria mengenai Smart City yang bersifat nasional.

Anggota Tim Pelaksana Teknis Wantiknas Garuda Sugardo saat menggelar audiensi bersama jajaran Institut Teknologi Sepuluh November, menyampaikan, terdapat enam kriteria Smart City. Diantaranya smart economy, smart mobility, smart environment, smart governance, smart living dan smart people. Hal ini pun merupakan bagian dari tujuan otonomi daerah, yakni mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ditemukan pula kriteria aplikasi-aplikasi berbasis elektronik seperti e-govt, e-education, e-logistic, e-health dan e-procurement yang dijadikan pedoman sebagai katalisator sebuah Kabupaten atau Kota dalam memenuhi kategori Smart City. “Sehingga penyusunan standarisasi kriteria Smart City ini harus segera disosialisasikan mengingat setiap daerah memiliki kriterianya sendiri,” jelasnya.

Garuda menambahkan, kriteria Smart City seperti yang dicanangkan oleh pemerintah dalam Perpres 96/2014 tentang Rencana Pitalebar Indonesia (RPI) tersebut juga harus memiliki tiga hal, yakni useful, affordable dan empowering. “Harapannya, Smart City ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sesuai dengan karakteristik daerah itu sendiri,” tuturnya. (windhi/by)