IFI Surabaya Buka Kelas Baru di Kawasan Barat Kota Pahlawan

Rabu, 30 Nov 2016 | 19.08 WIB

IFI Surabaya Buka Kelas Baru di Kawasan Barat Kota Pahlawan

Ilustrasi (IST)


Centroone.com - Hampir lima dekade terakhir hadir di Surabaya, Institut Français Indonesia (IFI) memperluas "rumah."  Institusi di bawah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia ini, pada Sabtu, (3/12/2016) mendatang bakal secara resmi membuka cabang di wilayah Surabaya Barat, yakni di bekerjasama dengan SUB Co 2.0, jalan Darmo Harapan No. 1 (Graha Residen) Surabaya.

Dalam kesempatan peresmian ini, IFI bakal menggelar acara open house, yang diisi dengan banyak kegiatan mulai dari  pemutaran film komedi Prancis,  pengenalan budaya Prancis, presentasi studi di Prancis serta tidak ketinggalan sajian kue khas Prancis dan suguhan hiburan dari live music akustik. Acara sendiri terbuka gratis bagi semua masyarakat yang tertarik dengan kebudayaan dan juga ingin belajar bahasa Prancis.
 
"Kami bermaksud mendekatkan IFI ke wilayah yang berada di luar cakupan IFI. Surabaya Barat sendiri dilihat IFI menyimpan potensi dan cukup berkembang. Kali ini, IFI membuka kelas baru pengajaran bahasa Prancis dan juga mengadakan acara-acara budaya lainnya.  " tukas Pramenda Krishna A, Penanggungjawab Budaya & Komunikasi IFI Surabaya.   

IFI Surabaya Barat sendiri memiliki dua kelas.  Wanita yang akrab disapa Khrisna ini juga menambahkan tidak menutup kemungkinan di masa mendatang IFI bakal membuka kelas lain di Surabaya di masa mendatang. " Kita lihat potensi kita pelajari. Kita lihat dulu bagaimana cabang di Surabaya Barat berjalan. Misalnya ada potensi lain di wilayah lain, kenapa tidak" tuturnya lagi.

Di Surabaya, IFI sebelumnya hadir dengan nama CCF (Centre Culturel Français), CCCL (Centre Culturel et de Coopération Lingustique) di jalan Darmokali No. 10 Surabaya dan sejak tahun 2012, lembaga ini berganti nama menjadi IFI, dengan logo baru dan menempati alamat baru di komplek AJBS jalan Ratna 14 Surabaya.  

IFI terdapat di 4 kota di Indonesia, yaitu Jakarta sebagai pusat, Bandung, Jogjakarta dan Surabaya. Kehadiran IFI sendiri ditujukan untuk mempererat kerjasama antara Prancis dan Indonesia, antara lain dalam bidang bahasa, pendidikan dan budaya. by