Peringati HUT Korpri, ASN Pemkot Harus Berinovasi Untuk Masyarakat

Selasa, 29 Nov 2016 | 21.00 WIB

Peringati HUT Korpri, ASN Pemkot Harus Berinovasi Untuk Masyarakat

Wali Kota Tri Rismaharini memberikan bantuan dan penghargaan kepada ASN dan saat berziarah ke makam para pahlawan.(Centroone/Windhi)


Centroone.com - Pemkot Surabaya memeringati Hari Ulang Tahun ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Pimpinan kota ini berharap, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Surabaya bisa meningkatkan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan cara memunculkan inovasi dalam pelayanan publik.

Hal ini diungkapkan Ketua Korpri Kota Surabaya Hendro Gunawan, usai upacara di halaman Taman Surya, Selasa (29/11/2016). Saat itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi inspektur upacara.

Saat upacara, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo. Ada beberapa poin penting dalam sambutan tertulis presiden tersebut. Diantaranya, harapan agar Korpri meneguhkan netralitas dan meningkatkan profesionalitas aparatur sipil negara sesuai tema HUT Korpri ke-45 tahun. Dan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar 2017, menjadi ujian profesionalitas Korpri untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

Pemberantasan pungutan liar (Pungli), pelayanan publik dan menjadi pemenang dalam persaingan global, serta meninggalkan sikap egosektoral dan mental priyayi, juga menjadi harapan presiden pada perayaan HUT Korpri ke-45.

“Korpri harus jadi aset bangsa. Saya berharap Korpri jadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan kemajuan dalam pelayanan publik yang lebih cepat dan lebih mudah,” tegas wali kota membacakan sambutan tertulis presiden.



Menyoal itu, Hendro Gunawan menyebut Pemkot Surabaya sudah on the track dalam penerapan sambutan tertulis presiden. Diantaranya perihal inovasi dalam pelayanan publik, di mana Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai inovasi berbasis teknologi informasi sehingga pelayanan jadi lebih cepat, mudah dan transparan.

“Ke depan akan terus kami kembangkan dan kami sempurnakan. Sistem-sistem yang kami operasionalkan sekarang, kami sempurnakan lagi sehingga harapannya transparansi sinergitas serta kinerja bisa kita ditingkatkan lagi,” harap Hendro yang juga Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya ini.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surabaya yang juga Ketua Panitia HUT Korpri di Pemkot Surabaya, Mia Santi Dewi mengatakan, perayaan HUT ke-45 Korpri tahun ini berlangsung semarak. Ada banyak acara digelar. Diantaranya agenda donor darah bagi karyawan/karyawati dan masyarakat umum di Balai Pemuda, Selasa (29/11/2016) serta agenda fun bike.

“Kami juga memberikan bantuan pendidikan Korpri untuk putra-putri PNS. Tahun ini ada 72 anak kurang mampu yang kami bantu sebesar Rp200 ribu per bulan selama setahun. Kami juga berikan santunan untuk yang sakit atau meninggal. Juga bantuan ke panti asuhan,” jelas Mia Santi Dewi. (windhi/by)