Negara Hadiahi SBY Rumah Baru

Minggu, 30 Okt 2016 | 07.00 WIB

Negara Hadiahi SBY Rumah Baru

Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (dok Centroone)


Centroone.com - Negara memberikan sebuah unit rumah baru kepada Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  Pemberian rumah tersebut bukan tanpa alasan. Menurut  Asdep Humas Kementerian Sekretariat Negara Mashrokan pemberian rumah itu merupakan perwujudan undang-undang dan peraturan presiden.

Masrokhan menjelaskan, fasilitas tersebut diberikan kepada SBY bukan tanpa dasar hukum. Ia menyebut Undang-Undang Nomor 7 tahun 1978 tentang hak keuangan/administrasi presiden dan wakil presiden serta bekas presiden dan wakil presiden mengatur hal tersebut. "Dikatakan bahwa negara berkewajiban memberikan rumah beserta fasilitasnya kepada mantan presiden dan wakil presiden," jelasnya.

Selain itu, ada pula Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan atau Mantan Wakil Presiden. "Jadi, ada undang-undang dan perpres yang menjadi dasar pemberian rumah baru kepada mantan presiden itu," ujar Mashrokan.

Rumah baru untuk SBY tersebut diketahui terletak di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Rumah itu dibangun sekitar setahun terakhir. Secara simbolik, penyerahan rumah baru itu dilakukan oleh Sekretaris Mensesneg Setya Utama mewakili Menteri Sekretaris Negara Pratikno. "Penyerahan rumah baru oleh Kemensetneg kepada Pak SBY dilaksanakan Rabu, 26 Oktober 2016 yang lalu," tambah Mashrokan lagi.

Sementara itu, bagi Wakil Presiden saat itu yakni Jusuf Kalla yang saat ini menjabat kembali, juga akan mendapatkan fasilitas yang sama. Namun saat ini masih dalam proses pengadaan. "Untuk Pak JK belum, mungkin sedang dalam proses," tukas Masrokhan yang enggan menyebutkan total nilai rumah untuk diberikan kepada SBY. bbs