Pramuka Harus Lebih Terlibat Promosikan Wisata Daerah

Kamis, 27 Okt 2016 | 06.00 WIB

Pramuka Harus Lebih Terlibat Promosikan Wisata Daerah

Anggota pramuka di Kemah Jurnalistik media sosial dan sinematografi 2016. (Centroone/pramuka)


Centroone.com - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault mengajak setiap anggota Pramuka aktif mempromosikan pariwisata daerah. Mantan Menpora ini mengapresiasi langkah Saka Pariwisata Kwarcab Wajo? Sulawesi Selatan, yang mengadakan Kemah Jurnalistik media sosial dan sinematografi 2016, pada 27-30 Oktober 2016, di Kawasan Wisata Atakkae Wajo.

“Terima kasih kepada Kakak-Kakak di Kwarcab Gerakan Pramuka Wajo, Kakak-Kakak di Saka Pariwisatanya, ayo maksimal internet dan medsos untuk promosi pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya dan potensi daerah kita, sekarang juga. Ewako. Salam Pramuka."  jelas Kak Adhyaksa, Rabu (26/10/2016).

Andalan Nasional Kwarnas Bidang Kominfo, Kak Hariqo Wibawa Satria yang menjadi narasumber dalam acara tersebut menambahkan, bahwa tren masyarakat saat ini mengalami perubahan, dari yang awalnya hanya menjadi penikmat konten sekarang sudah mulai menjadi produsen.

Semua konten yang diproduksi koran, televisi, radio, media online, dan lain-lain juga bisa diproduksi oleh masyarakat. Di google dan medsos ada banyak tulisan, foto, meme, film pendek, infografis, motion grafis, bahkan animasi yang diproduksi masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya,  ada tiga tugas utama Saka Pariwisata yang harus dimasifkan. Pertama, membuat konten-konten tentang pariwisata. Kedua, mendorong pemuda, pelajar, anggota Pramuka membuat konten-konten tentang pariwisata. Dan ketiga, mendistribusikan, menyebarkan konten-konten tentang pariwisata lewat BBM, whatsapp, media sosial, dan internet. “Bila Ini dilakukan, saya yakin sangat membantu pemerintah daerah,” jelas Hariqo. by