Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Tutup Usia

Jumat, 14 Okt 2016 | 00.51 WIB

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Tutup Usia

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej (IST)


Centroone.com - Thailand berduka. Sang pemimpin,  Raja Thailand, Raja Bhumibol Adulyadej dilaporkan tutup usia pada usia 88 tahun.  Istana Thailand dalam sebuah pernyataan mengumumkan, Raja Bhumibol menghembuskan nafas terakhir pada pukul 3.52 waktu setempat di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok.

Lebih 1.000 warga Thailand berkumpul di depan rumah sakit untuk memberikan penghormatan dan meratapi kepergian raja mereka setelah menerima berita kematian sang raja. "Saya merasa sangat sedih dengan berita ini. Beliau telah memberikan kontribusi besar dalam banyak hal di negara ini, "kata Apinut Jaroonpipatkul, seorang pekerja medis berusia 25 tahun yang turut menunggu di luar rumah sakit.

Sejak dekade lalu, tingkat kesehatan Raja Bhumibol yang berkuasa sejak 1946 itu terus menurun, dan pada tahun ini untuk pertama kalinya beliau 'dibebaskan' dari mengikuti tugas-tugas kenegaraan atas saran dokter. Kali terakhir beliau terlihat di depan umum pada 11 Januari lalu, dan dikatakan lebih banyak menghabiskan waktu di istana serta rumah sakit karena berbagai jenis penyakit yang dialami.

Dilaporkan BBC, pasca meninggalnya sang raja, Putra Mahkota Vajiralongkorn dilaporkan bakal mengambil alih tahta sebagai Raja Thailand yang baru. Perdana Menteri Thailand, Jenderal Prayuth Chan-ocha mengatakan, pewaris tahta negara itu telah ditetapkan sejak tahun 1972 dan kabinet akan menginformasikan parlemen mengenai hal tersebut.

Perdana Menteri Prayuth juga mengumumkan periode berkabung selama setahun dan mengarahkan bendera dikibarkan setengah tiang di semua gedung pemerintah dan sekolah selama 30 hari dimulai besok serta meminta semua perayaan dibatalkan selama periode tersebut.   by