Keindahan Wajah, Intinya Sehat dari Dalam

Minggu, 31 Jan 2016 | 18.00 WIB

Keindahan Wajah, Intinya Sehat dari Dalam

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Seperti halnya tubuh, kulit juga perlu perhatian, perawatan dan nutrisi khusus, terutama untuk wajah. Tanpa adanya ketiga tindakan ini, mungkin anda akan terlihat lebih tua dari usia saat ini. Seperti apa ketiga tindakan ini dilakukan ?

Rahasia kulit indah pada wajah adalah nutrisi yang ada di dalam kulit. Seperti dikutip dari the Sun, Dokter kulit untuk Hollywood, Dr Jessica Wu menjelaskan, untuk itu diperlukan perawatan dan pemenuhan nutrisi yang cukup agar kulit selalu terlihat cerah dan bebas masalah. Menurutnya, jika kita tahu harus bagaimana, maka tak perlu perawatan dan produk mahal untuk kulit, agar sesuai dengan keinginan.

Perlukah Krim kolagen untuk menghilangkan garis-garis dan kerutan di wajah ? Menurut Wu, Krim kolagen hanya membuat wajah anda terlihat kencang untuk sementara. Tapi bahan ini tak cukup kuat untuk menghilangkan kerutan dan keriput di wajah. “Krim yang menjanjikan untuk mengisi garis-garis halus dan kerutan dengan kolagen adalah palsu, karena molekul kolagen terlalu besar untuk menembus kulit dan hanya muncul di permukaan,” tambah Wu.

Tanpa nutrisi yang benar, kulit anda akan menghambat produksi kolagen dan elastin. Hal ini yang pada akhirnya membuat kulit mulai melorot. Proses melambatnya produksi kolagen pada dasarnya akan di alami saat orang memasuk di usia senja, tapi jika tidak, ini bisa berarti masalah.

Solusinya adalah dengan konsumsi bahan makanan tertentu. Seperti makanan berprotein, seperti daging sapi, domba, dada ayam, daging babi, kepiting, udang, keju cottage. Berbahan magnesium, seperti bayam, biji-bijian, almon, kacang mete, kacang tanah, beras merah, lentil, kacang merah, alpukat. Zat Besi, seperti biji-bijian, tahu, kerang, ceri, plum. Dan Zinc, seperti daging merah tanpa lemak, kacang merah, telur.

Sebagai mana kita ketahui, paparan sinar UV, sering menjadi penyebab munculnya berbagai masalah di kulit, salah satunya kanker kulit. Konsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan yang lain akan mengurangi risiko timbulnya masalah.

Dr. Wu menyarankan untuk menkonsumsi banyak buah-buahan berwarna cerah dan sayuran untuk mendapatkan antioksidan karotenoid skinrevitalising dan polifenol. “Sebuah pizza dengan banyak tomat dan sayuran sangat ideal dalam hal ini. Selain itu, batasi lemak dan susu dalam diet Anda. Nikmati teh hijau, sedikit cokelat dan konsumsi ikan berbahan omega-3,” ,” tambahnya. Untuk aktivitas luar ruangan, jangan lupa memakai sunscreen dengan UVA dan UVB perlindungan dan sedikitnya SPF 30.

Makanan dengan Glikemik tinggi seperti gula, pati dan karbohidrat sederhana (permen dan roti putih) menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. “Hal ini dapat membahayakan kulit, kolagen kerusakan molekul gula dan elastin, mengurangi kontur dan elastisitas kulit wajah. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi minyak dan muka memerah,” jelas Wu. Untuk itu hindari bahan-bahan makanan ini.

Untuk menghindari Jerawat, Wu menyarankan untuk selalu menghindari makanan olahan susu jika memungkinkan. Jika tidak bisa, pilih produk susu tanpa lemak atau skim. Menjauhi yodium (rumput laut, gulungan sushi dan telur) dan Makan banyak makanan kaya Zinc (seperti kacang merah dan daging merah) serta konsumsi omega-3 (ikan seperti salmon dan sarden, biji rami, kenari dan almon).

Seperti yang sudah diungkap diatas, untuk mendapat kulit wajah yang sehat dan bebas masalah, tak ada salahnya anda mulai pilih-pilih makanan. dok