Strawberi Dapat Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV

Minggu, 31 Jan 2016 | 14.00 WIB

Strawberi Dapat Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Bagi Anda yang gemar ke pantai, namun tak mau kulit terpanggang paparan sinar Matahari, ada baiknya mulai sekarang pilih-pilih produk dengan bahan tertentu. Seperti Stroberi, bahan ini menurut penelitian dapat menangkal radiasi sinar UV lebih baik ketimbang bahan yang lain.

Dalam Stroberi, terdapat senyawa yang dikenal dengan anthocyanins. Bahan ini tak hanya memberi pigmen merah pada stroberi, tapi bagi kulit manusia, anthocyanins berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV ultra violet. Dengan kata lain, krim matahari atau sun block berbahan dasar buah ini sangat dianjurkan untuk mengurangi kerusakan kulit akibat paparan berlebih sinar matahari, kata para peneliti beberapa hari yang lalu.

Seperti dikutip dari Dailymail, peneliti dari Italia dan Spanyol sempat menguji dalam tiga tahap penggunaan ekstrak Stroberi dengan krim Matahari. Yakni dengan dosis 0.05, 0.25 dan 0.5 mg per mili liter. "Kami telah memverifikasi efek melindungi dari ekstrak stroberi untuk melawan kerusakan sel-sel kulit disebabkan oleh sinar UVA,” jelas pemimpin penelitian ini Maurizio Battino dari Universita Politecnia delle Marche di Italia.

Ia menambahkan, campuran bahan ini kemudian dioles dikulit yang kemudian dibiarkan terpapar sinar matahari selama 90 menit. Riset ini dilakukan pada tengah hari pada musim panas di Riviera Perancis.

Riset mengatakan ekstrak stroberi dengan konsentrasi 0,5 mg /ml, ternyata dapat melindungi kulit dari radiasi UV A. Zat ini dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel dan menekan risiko penurunan akibat kerusakan DNA, jika dibandingkan dengan kulit yang tak dilindungi oleh ekstrak stroberi.

Battino mengatakan, aspek terpenting dalam hal ini adalah memberikan perlindungan melalui garis sel. Jika tidak ditanggulangi, bagian ini akan mengalami kerusakan dan pada akhirnya memicu munculnya kanker dan penyakit kulit yang berhubungan dengan inflamasi dan degenerative.

Para ilmuwan merekomendasi, keberadaan Krim Matahari berbahan dasar Stroberi sangat efektif melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB. Dua jenis sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Penelitian ini sebelumnya telah diterbitkan di Journal of Agricultural Food Chemistry. Disini para ilmuwan menyarankan bagi Anda yang sering beraktivitas di bawah terik untuk senantiasa menggunakan Krim Matahari berbahan dasar Stroberi.

Ilmuwan lain di studi ini, Sara Tulipani, dari Universitas Barcelona, mengatakan, senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan anti-tumor yang sangat penting bagi kulit. dok