Google Doodle Kenalkan Pelukis Wanita Termahal Amrita Sher Gil

Sabtu, 30 Jan 2016 | 13.01 WIB

Google Doodle Kenalkan Pelukis Wanita Termahal Amrita Sher Gil

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Google Doodle pada Sabtu (30/1) ini memperkenalkan sosok Amrita Sher Gil.

Dijadikan sebuah animasi yang apik, publik pun penasaran dengan seorang Amrita. Wanita cantik ini merupakan pelukis asal India yang karyanya sangat mahal. Sejak lama ia menekuni profesi sebagai pelukis di India.

Nah, tepat tanggal 30 Januari 2016 inilah menjadi hari lahir Amrita yang ke-103. Dirinya dikenal sebagai kebanggaan negeri sungai Gangga, karena lukisan-lukisan yang ia hasilkan dihargai tinggi oleh kolektor.

Amrita bahkan dijuluki pelukis termahal wanita di India. Karyanya terdapat di National Gallery of Modern Art, sejumlah 100 buah yang mempunyai nilai tinggi dan keindahan yang unik.

Ditengah perlakuan tak adil terhadap kaum wanita di negeri India, tak heran jika untuk mengenang pelukis wanita itu Google meletakkannya di halaman utama hari ini.

Walau Amrita tak lahir di India melainkan di Budapest, Hongaria, tapi darah India sangat deras mengalir di tubuhnya dari ayah Umrao Singh Sher-Gil Majithia dan Marie Antoinette Gottesmann.

Ayahnya adalah bangsawan Sikh dan juga sarjana di bidang bahasa Sansekerta dan Persia, sedangkan ibunya merupakan penyanyi opera Yahudi.

Amrita Sher-Gil telah mulai melukis sejak kecil, usia 5 tahun. Di usia 8 tahun, ia belajar lebih serius hingga tahun 1924 masuk sekolah seni Florence, Italia bernama Santa Annunziata.

Selanjutnya ia dan ibunya hijrah ke Eropa, berlatih lukis di Paris Grande Chaumiere dibawah Pierre Vaillant dan Lucien Simon. Awal yang baik itu pun menjadi langkahnya dikenal sebagai pelukis profesional dan menerima penghargaan Associate Grand Salon di Paris pada tahun 1933. (Berbagai Sumber)