Menguak Misteri Kegunaan Belang Zebra

Sabtu, 30 Jan 2016 | 12.00 WIB

Menguak Misteri Kegunaan Belang Zebra

ilustrasi Zebra (IST)


Centroone.com  - Semua orang pasti tahu Zebra identik dengan kulit belang. Namun pernahkah anda tahu kegunaan dari kulit belang seekor Zebra?

Pertanyaan misterius ini, menjadi salah satu pertanyaan yang belum terjawab sejak zaman Charles Darwin yang menyebut belang itu sebagai alat seleksi seksual dan Alfred Russell Wallace, yang mengatakan belang itu berguna untuk kamuflase.

Dan kini 120 tahun setelah jaman kedua ilmuwan itu, penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Calgary dan UC Davis menemukan bahwa fungsi belang pada zebra bukan untuk kamuflase.

"Hipotesis tertua untuk belang zebra adalah crypsis, atau kamuflase, tetapi hingga saat ini pertanyaan tersebut selalu dibingkai melalui mata manusia.Kami, sebaliknya, melakukan serangkaian perhitungan melalui mana kami bisa memperkirakan jarak di mana singa dan hyena tutul, serta zebra, bisa melihat belang zebra di siang hari, senja, dan malam tanpa bulan." kata pemimpin studi tersebut Amanda Melin, seorang asisten profesor antropologi biologis di University of Calgary, Kanada, seperti dilansir dari Tech Times.

Amanda bersama tiga peneliti lain-Donald W. Kline, Chihiro Hiramatsu, dan Tim Caro-- lalu melakukan penelitian di Tanzania dan menemukan bahwa di siang hari, singa dan hyena tutul kesulitan untuk melihat zebra pada jarak lebih dari 164 kaki (50 meter). Pada senja jarak itu berkurang hingga 98 kaki (30 m) sementara ketika malam tanpa bulan, mereka baru bisa melihat zebra pada jarak 30 kaki (9 m).

Namun kedua predator tersebut memiliki penciuman dan pendengaran yang sangat tajam sehingga mereka sudah bisa mengidentifikasi seekor zebra jauh sebelum melihatnya. Penelitian ini  dilaporkan sebuah makalah berjudul "Zebra Stripes through the Eyes of Their Predators, Zebras, dan Humans" yang diterbitkan jurnal ilmiah Public Library of Science ONE. bbs