Vaksin Virus Zika 10 Tahun Lagi, Potensi Ada Ledakan Pandemi

Kamis, 28 Jan 2016 | 14.51 WIB

Vaksin Virus Zika 10 Tahun Lagi, Potensi Ada Ledakan Pandemi

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Para ilmuwan Amerika Serikat (AS) yang mengkaji virus Zika memperingatkan diperlukan waktu 10 sebelum vaksin tersedia bagi masyarakat umum.

Virus ini dikaitkan dengan otak yang menyusut pada bayi yang belum lahir, sehingga menyebabkan kerusakan parah otak atau kematian. Zika telah menyebar ke lebih 20 negara dan menimbulkan kepanikan di Brasil, di mana ribuan orang terinfeksi.

Saat ini tidak terdapat vaksin atau obat, sementara uji diagnosa sulit dilakukan. Pencarian vaksin dipimpin para ilmuwan di University of Texas Medical Branch. Mereka telah mengunjungi Brasil untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan sampel.

Sekarang mereka sedang melakukan analisis di laboratorium yang dijaga ketat di Galveston. Tetapi mereka memperingatkan meskipun vaksin dapat siap diuji dalam dua tahun, kemungkinan diperlukan 10 tahun lagi sebelum diijinkan pemerintah.

Dari gedung yang dijaga ketat polisi dan FBI, Profesor Scott Weaver, direktur Institute for Human Infections and Immunity, mengatakan ketakutan masyarakat terhadap virus ini memang berdasar.
NEXT