Tak Hanya KA, Tiket Bus Kini Bisa Dibeli Online

Minggu, 24 Jan 2016 | 07.00 WIB

Tak Hanya KA, Tiket Bus Kini Bisa Dibeli Online

Penumpang di terminal Bungurasih (Centroone)


Centroone.com - Dinas Perhubungan Kota Surabaya membuat gebrakan baru. Di era komputerisasi ini, jasa angkutan sudah menyediakan pemesanan tiket online. Hal ini pun membuat dinas tersebut tak mau ketinggalan kemajuan jaman. Sejak awal 2016, pengguna jasa transportasi bus pun bisa memesan tiket secara online.

Hanya saja, sistem yang baru ini berlaku untuk pemesanan tiket bus Antar Kota Antara Provinsi (AKAP) yang melalui atau ngetem di terminal Purabaya Surabaya. Ini disampaikan Kepala UPTD Terminal Purabaya May Ronald.

Ronald mengungkapkan, ada sembilan Perusahaan Otobus (PO) yang sudah menerapkan sistem pembelian tiket secara online atau e-ticketing. Sembilan PO tersebut yaitu Pahala, Bandung Express, Kramat Jati, Lorena, Manggala, Gunung Harta, Wisata Komodo, Titian Mas dan Tiara Mas.

Cara memesan e-ticketing sangat mudah yaitu cukup mengakses website PO yang diinginkan lalu melakukan pemesanan tiket online. Saat melakukan e-ticketing pembeli bisa memilih kota tujuan, cara pembayaran tiket hingga posisi kursi yang diinginkan.

Selanjutnya, penumpang menukarkan tiket saat tiba di terminal Purabaya. Diterapkannya e-ticketing ini maka penumpang mendapatkan kepastian harga, jam keberangkatan dan ketersediaan bus. Ke depan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, bus akan dilengkapi dengan cctv sehingga bisa selalu terpantau. (windhi/by)