Tingkatkan Kualitas, Puskesmas Gayungan Jalankan Akreditasi

Kamis, 14 Jan 2016 | 07.00 WIB

Tingkatkan Kualitas, Puskesmas Gayungan Jalankan Akreditasi

Puskesmas Gayungan (IST)


Centroone.com - Puskesmas Gayungan berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan. Sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama (FKTP), Puskesmas Gayungan telah melakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja.

Diantaranya, dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan. Hal itu terkait pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan lainnya.

Peningkatan pelayanan kesehatan itu melalui akreditasi. Untuk 2015 ini, terdapat dua Puskesmas di kota Surabaya yang dilakukan akreditasi, yakni Puskesmas Gayungan dan Sememi. Pelaksanaan akreditasi dua Puskesmas ini dilakukan oleh Komisi Akreditasi FKTP yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. HK. 02. 02/Menkes/58/2015. Sedangkan Dinas Kesehatan Kota Surabaya sebagai pendamping FKTP dalam pelaksanaan akreditasi ini.

Tujuan akreditasi di Puskesmas Gayungan sebagai wahana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu. Juga sebagai sistem manajemen penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan pelayanan klinis serta penerapan manajemen resiko.

Itu juga sebagai salah satu syarat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Karena BPJS akan menerapkan recredensialing FKTP yaitu seleksi kualitas provider sebelum bekerjasama dengan FKTP (Puskesmas, dokter, dokter gigi, klinik dan balai pengobatan).

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya dr Febria membenarkan adanya akreditasi Puskesmas Gayungan. Dengan akreditasi itu maka Puskesmas itu akan lebih kompetitif dan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, masyarakat lebih diuntungkan. (windhi/by)