Waspada! Ini Modus Pemalsuan Akik

Rabu, 09 Sep 2015 | 16.00 WIB

Waspada! Ini Modus Pemalsuan Akik

batu akik dalam sebuah pameran (centroone)


CENTROONE.COM - Sempat booming besar-besaran, belakangan tren batu akik menunjukkan penurunan. Meskipun di setiap suduh kota, terutama di kawasan Indonesia Timur bertebaran sentra-sentra akik kecil dan juga lapak-lapak kecil akik bisa ditemui dengan mudah di pinggir jalan, pelan--pelan batu akik tidak lagi jadi buruan.

Menurut Sujatmiko, salah satu Geolog yang juga pakar batu mulia, ada beberapa hal yang membuat akik kehilangan pasarnya.  Berikut beberapa penyebabnya. Salah satunya adalah keradaan akik palsu. Menurut Sujatmiko, ada dua kategori pemalsuan batu mulia dan semi-mulia yang ditemukannya. Pertama, batu imitasi; kedua, batu sintetis. “Yang sintetis susah dibedakan. Kalau imitasi gampang,” katanya.

Sujatmiko mengatakan batu sintetis umumnya ditemukan dalam pemalsuan batu mulia. Dia mencontohkan, batu palsu sintetis jenis merah delima, misalnya, dibuat lewat proses rekayasa. “Kalau sintetis itu sifat-sifat batuannya sama, kecuali di dalamnya ada gelembung atau inklusi yang menunjukkan itu bukan natural atau warna yang tidak biasa,” ujarnya.

“Sifat batuannya sama, tapi kelihatan ada sesuatu yang tidak natural.”Batu palsu, misalnya, dibuat dengan cara menghancurkan batu mulia, lalu disambungkan lagi dengan perekat sekaligus ditambahi zat pewarna. Sujatmiko mengaku dibutuhkan pengalaman untuk mengetahui batu palsu sintetis. “Harus pakai mikroskop, barulah ketahuan,” ucap saat ditemui awak media.  

Menurut Sujatmiko, batu imitasi umumnya ditemukan dalam pemalsuan batu semi-mulia atau batu akik. Ada yang terbuat dari bahan kaca, plastik, atau menggunakan batu akik dengan pemberian warna tertentu agar mirip jenis batu akik lain. “Berat jenisnya dan sifat optiknya sudah berbeda,” ujarnya.

Maraknya penemuan batu akik palsu ini membuat peminat batu akik mulai pilih-pilih. “Mereka memilih yang berkualitas saja,” kata Sujatmiko. Dia sudah tidak lagi mendengar transaksi batu akik dengan harga fantastis, tapi masih ada yang memperjualbelikan batu akik dengan harga puluhan juta rupiah. bbs