Demokrat-PAN Siap Usung Rasiyo-Lucy di Pilwali Surabaya

Jumat, 04 Sep 2015 | 20.30 WIB

Demokrat-PAN Siap Usung Rasiyo-Lucy di Pilwali Surabaya

Lucy Kurniasari, pendamping baru Rasiyo (IST)


CENTROONE.COM - Setelah gagal mengusung pasangan calonnya pada perpanjangan pendaftaran, Demokrat-PAN kembali akan mendaftarkan pasangan fresh-nya. Nampaknya, koalisi partai ini akan mengusung pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari di pendaftaran perpanjangan ini.

Namun kedua orang ini murni kader Demokrat. Lucy Kurniasari adalah mantan anggota DPR RI dari Demokrat. Sementara, PAN yang semula pengusul koalisi, untuk pendaftaran perpanjangan ketiga ini, justru tak mengusung kader atau orang pilihannya. Ada apa dengan PAN yang menyerah di tengah jalan?

Sementara alasan dipilihnya Lucy oleh DPP Demokrat, lantaran saat sebagai caleg DPR RI Dapil Surabaya-Sidoarjo, suara Lucy lebih banyak di Surabaya. Harapannya, saat Pilwali Surabaya 9 Desember 2015, nama Lucy mampu mendongkrak pemilih di kota ini.

Terkait pasangan ini, kabarnya dua petinggi partai pengusung itu akan turun langsung ke Surabaya. Dipastikan, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan mantan Sekjen DPP Demokrat yang saat ini sebagai Ketua DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas, akan datang saat pendaftaran pasangan tersebut. Hal ini diakui Rasiyo sendiri.

Rasiyo kepada wartawan mengaku memang mendapat rekomendasi untuk maju lagi. Dia membenarkan telah dipasangkan dengan Lucy.  Sementara salah satu pengurus DPD PAN Surabaya yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Surabaya M Arsyad membenarkan telah menyusun nama tim pemenangan untuk pasangan tersebut. Terkait kehadiran pimpinan partainya, Arsyad mengaku jika itu bukti PAN tak main-main untuk tampil di Pilwali Surabaya.

Kabarnya, pengurus Demokrat Jatim dan Surabaya, berangkat ke Jakarta untuk mengambil surat rekomendasi tersebut. Dan jika semua rampung, maka pendaftarannya akan dilakukan pada 6 September 2015.

Informasinya, permohonan pasangan Rasiyo-Abror yang dimasukan ke Panwaslu untuk membatalkan keputusan KPU Surabaya, dicabut. Pasalnya, jika tak dicabut, maka pendaftaran pasangan Rasiyo-Lucy bakal terkendala karena menunggu waktu penyelesaian masalah yang diajukan pemohon. Permohonan itu bisa menjadi penghalang pembukaan pendaftaran pada 6-8 September 2015.

Dikonfirmasi, Komisioner Panwaslu Kota Surabaya Divisi Hukum, Pengawasan dan Penanganan, M Safwan menegaskan, permohonan yang diajukan Demokrat-PAN tidak ada pencabutan. Permohonan itu tetap diteruskan. (windhi/by)