Cara Menghadapi Kepribadian Negatif di Tempat Kerja

Rabu, 30 Sep 2015 | 12.17 WIB

Cara Menghadapi Kepribadian Negatif di Tempat Kerja

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Tempat bekerja adalah tempat berkumpulnya berbagai individu dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Disadari atau tidak, selalu ada satu atau dua orang yang memiliki kepribadian yang cenderung negatif di tempat Anda bekerja. Apa ciri-ciri mereka dan bagaimana menghadapinya?

>>> The gossip mongers
Rumor tidak akan pernah berhenti mengalir di lingkungan kerja manapun, misalnya tentang karyawan yang dipecat, mengundurkan diri atau karyawan yang tengah berselisih. Di sinilah para penggunjing melancarkan aksinya dengan menyebarkan berita tersebut tanpa didukung fakta yang kuat.

Solusi:
Saat si penggunjing mulai menceritakan rumor pada Anda, tanyakan padanya apakah itu fakta dan darimana ia mendapat informasi tersebut. Lalu, katakan bahwa Anda tidak ingin terlibat dalam pembicaraan itu lagi dan lebih tertarik membicarakan hal lain yang tidak menyangkut urusan orang lain.

>>> The chicken littles
Sebutan tersebut pantas disandang oleh rekan kerja yang selalu bersikap pesimistik dan memandang pekerjaan sangat menyudutkan hidupnya. Rekan kerja seperti ini biasanya menghindar saat semestinya dia mengambil keputusan. Rasa takut akan membuat para chicken littles terjebak di kandangnya.

Solusi:
Jika chicken littles sudah mempengaruhi Anda dan kinerja seluruh tim, maka saran terbaik adalah berbicara langsung kepadanya tentang sikapnya tersebut. Koreksi setiap kesalahan yang dibuatnya, jangan ragu untuk selalu bersikap suportif dan menawarkan bantuan. (Working Mother/Rie)