Semen Indonesia Peduli Nasib Pekerja Konstruksi

Kamis, 03 Sep 2015 | 06.00 WIB

Semen Indonesia Peduli Nasib Pekerja Konstruksi

Para tenaga konstruksi saat mengikuti pelatihan pemasangan bata. (Windhi/Centroone)


CENTROONE.COM - Kepedulian PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terhadap kawasan sekitar tempat industrinya, terus bergulir. Apalagi mendekati Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 ini, perusahaan milik negara ini merasa bertanggung jawab terhadap peningkatan keahlian warga, khususnya warga yang menjadi pekerja konstruksi.

Kali ini, kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga konstruksi itu diberikan Semen Indonesia kepada pekerja konstruksi yang ada di kawasan Rembang, tempat pabrik baru perusahaan itu akan berdiri. Pelatihan dan sertifikasi itu dilaksanakan selama tiga hari, sejak Rabu sampai Jumat.

Menurut Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin, ada 125 pekerja konstruksi yang mengikuti acara tersebut. Sebenarnya, kata Saifudin, tak hanya Rembang saja. Kegiatan serupa juga telah berlangsung di Banyuwangi, Surabaya, Pontianak dan Gresik.

Alasan mengapa digelar kegiatan ini, menurut Saifudin, lantaran banyak pekerja konstruksi yang memiliki kemampuannya hanya berdasar otodidak atau bahkan ilmu turun temurun. Ilmu konstruksi itu bukan didapat melalui pembinaan atau pelatihan oleh tenaga ahli.

“Penting bagi para pekerja konstruksi untuk mendapatkan ilmu secara mendalam dari pakarnya. Mengingat mereka juga akan menghadapi MEA.Harapannya, melalui pelatihan dan sertifikasi ini tenaga konstruksi yang ada dapat menjadi sumber daya manusia yang lebih kompetensi sehingga mampu bekerja di proyek berskala besar dengan berbekal sertifikat yang dimilikinya. Usai mengikuti kegiatan ini, para tenaga konstruksi didapuk menjadi duta Produk Semen Gresik di kotanya, Sehingga akan mendekatkan para konsumen pengguna Semen Gresik,” ungkap Saifudin.

Biasanya, jika menggelar acara ini, Semen Gresik akan menggandeng Dinas Pekerjaan Umum (PU) provinsi setempat untuk pemberian materi. Hingga 2015 tenaga konstruksi yang dibina PT Semen Indonesia (persero) Tbk mencapai 11.342 orang. Lebih dari 5.500 tenaga konstruksi diantaranya telah tersertifikasi. Hingga akhir 2015 perusahaan mentargetkan ada 6.000 tenaga konstruksi yang tersertifikasi. (windhi/by)