Gugatan UU Pilkada Oleh PDIP Jalan Terus

Rabu, 02 Sep 2015 | 01.00 WIB

Gugatan UU Pilkada Oleh PDIP Jalan Terus


CENTROONE.COM - Silang pendapat terkait keputusan KPU Surabaya yang menyatakan pasangan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid tak memenuhi syarat (TMS), beredar luar.

Bahkan ada tudingan jika ini memang  KPU yang tak professional. Parpol yang jadi pengusung kontestan Pilwali Surabaya juga telah membawa masalah ini ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Tidak hanya itu, langkah hukum PDI Perjuangan Kota Surabaya yang menggugat Undang-undang Pilkada, juga terus berlanjut. Hari ini (1/9/2015), agenda berlanjut dengan tahap perbaikan dua menyoal uji materi UU 8/2015, tentang Pemilihan Kepala Daerah berjalan di Mahkamah Konstitusi.

Dengan adanya perbaikan, maka jadwal sidang uji materi Nomor 96/PUU-XIII/2015, bisa digelar kembali. Agenda persidangan tersebut dihadiri langsung oleh Whisnu Sakti Buana, selaku pemohon. 

Dikonfirmasi via ponselnya, Juru Bicara Tim Pemenangan Risma-Whisnu, Didik Prasetiyono menerangkan, agenda sidang untuk meminta tambahan agenda penyampaian perkembangan Pilkada Surabaya. Pemohon, dikatakan dia akan didampingi Kuasa Hukum, Edward Dewaruci SH, M.H.

“Gugatan tetap diajukan mengingat posisi Pasangan Risma-Whisnu, kembali ditetapkan sebagai Calon Tunggal, pasca penetapan pendaftaran peserta Pilwali oleh KPU Kota Surabaya,’’ terang politisi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya. (Windhi/by)