Tak Kunjung Kerja Layak, Wanita Jual Ijazah

Senin, 31 Ags 2015 | 15.00 WIB

Tak Kunjung Kerja Layak, Wanita Jual Ijazah

Stephanie Ritter penjual ijazah di Ebay



Centroone.com – Tak sedikit orang percaya, dengan bersekolah tinggi, seseorang akan mendapat pekerjaan yang layak sesuai dengan ijazah yang didapatnya. Padahal, untuk mendapat pekrjaan layak, keberuntungan di lapangan kerap banyak berbicara.
Salah satu yang percaya akan sekolah tinggi dapat menjamin mereka mendapat pekerjaan layak bisa jadi adalah Stephanie Ritter lulus dari Florida State University, Amerika Serikat pada tahun 2011 lalu. Sayangnya, setelah lulus kuliah, ia tak kunjung mendapat pekerjaan impian, dan saat ini menjadi seorang asisten.
Frustasi akan nasib yang dialaminya, ia pun pada akhirnya memutuskan untuk menjual ijazah program studi teater dari universitas tempat dia menimba ilmu. Memanfaatkan situs jual beli Ebay, ia menjual ijazahnya seharga 50.000 dollar AS atau setara Rp 666 juta.
Hal ini dilakukan pada 24 Agustus 2015 lalu, dan kemudian menjadi bahan pembicaraan hangat di dunia sosial media.
Menurut Ritter, apa yang dilakukan ini adalah bentuk frustasi dirinya. Dimana apa yang telah dilakukan di sekolah sangat tidak membantu dirinya mendapat sebuah pekerjaan yanglayak, seperti yang dia harapkan.
Selain ijazah, pembeli juga mendapat beberapa hal yang berkaitan dengan hal dan kegiatan yang didapat Ritter saat bersekolah. Seperti tur keliling kampus Florida State University, almamater, kenangan perkuliahan dan album foto di akun Facebook pribadinya.
Jualan unik ini ternyata tak omong kosong, dan menarik perhatian tak kurang 91 orang yang pada akhirnya ingin memiliki ijazah tersebut.
 
Oleh : Adi Cahyo