5 Langkah Agar Jabat Tangan Anda Terlihat Berkualitas

Senin, 31 Ags 2015 | 10.24 WIB

5 Langkah Agar Jabat Tangan Anda Terlihat Berkualitas

Foto: centroOne/Istimewa


Centroone.com - Tahukah Anda bahwa cara berjabat tangan menunjukkan kredibilitas Anda?

Seorang CEO yang perusahaannya termasuk dalam Fortune 500 pernah berujar, bahwa hal pertama yang ia tentukan ketika merekrut karyawan baru adalah bagaimana cara karyawan tersebut berjabat tangan.

Menurutnya, jika jabat tangan yang diberikan terlalu lemah atau terlalu kuat bisa dipastikan dirinya urung merekrut karyawan tersebut. Hal ini memang terdengar cukup ekstrem, tapi banyak diterapkan oleh para petinggi dan profesional.

Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh University of Lowa membuktikan bahwa jabat tangan bisa meningkatkan kualitas networking hanya dalam beberapa detik. Lalu, bagaimana caranya jika Anda ingin berjabat tangan dengan benar?

Ikuti beberapa langkah berikut seperti dikutip dari laman Cleo:

1. Be prepared

Yang paling pertama dan utama, ketika Anda sedang berjumpa dengan seseorang pastikan tangan Anda sedang tidak memegang apapun. Atau jika tangan Anda sedang memegang minuman dingin, lebih baik taruh terlebih dulu dan bersihkan tangan Anda, sehingga tangan Anda tidak basah ketika bersalaman.

2. Good body language

Tunjukkan bahwa Anda menghormati orang yang bersalaman dengan menunjukkan gestur tubuh yang mendukung hal tersebut. Misalnya saja, berdiri dari tempat duduk ketika berjabat tangan. Ketika berdiri, jaga agar tangan Anda yang lain tidak tersimpan di belakang tubuh atau di kantong baju. Kedua tangan yang terlihat akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang jujur dan terbuka. Kemudian, perhatikan agar posisi kepala dan mata Anda tetap lurus melihat lawan bicara dan tunjukkan senyum terbaik Anda.
NEXT