Ini Penyebab Munculnya Gejala Menggigil Tanpa Sebab

Senin, 03 Ags 2015 | 14.00 WIB

Ini Penyebab Munculnya Gejala Menggigil Tanpa Sebab

Ilustrasi menggigil (foto : ist)


Centroone.com – Sejatinya, badan akan menggigil saat merasa kedinginan. Namun, faktanya menggigil kerap juga terjadi pada seseorang, meski udara di sekitar tidak sedang dingin. Berbahayakah ? Berikut latar belakang munculnya masalah tersebut.
Terlalu kurus
Memiliki badan terlalu kurus, atau dengan indek masa tubuh dibawah 18.5 ternyata membuat seseorang sering merasakan menggigil, tak hanya di udara dingin, dan bahkan pada saat udara panas sekalipun. Ini dikarenakan perlindungan tubuh dari cuaca dingin yang diperoleh dari lemak tidak ada pada orang bertubuh kurus.
Bermasalah dengan tiroid
Kelenjar yang diproduksi pada bagian tubuh di leher, membangun dan memastikan produksi tiroid berjalan lancar. Kebutuhan hormon ini kerap dibutuhkan tertutama dalam hal menghasilkan udara panas di tubuh. kekurangan tiroid dapat menyebabkan rambut menipis, kulit kering, kelelahan kerap menggigil bukan karena udara dingin.
Sirkulasi darah buruk
Dalam hal sirkulasi darah yang buruk, kerap membuat bagian tangan dan kaki terasa sangat dingin seperti es. Selain itu, masalah kedinginan dan menggigil juga kerap muncul dari masalah kardiovaskuler, atau masalah jantung.
Kurang tidur
Gejala kurang tidur kerap ditandai dengan pengaruh suhu tubuh yang juga ikut terganggu. Dalam hal ini metabolisme yang melambat membuat seseorang kerap merasakan kedinginan, meski udara sekitar cenderung hangat.
 
Oleh : Adi Cahyo