Tiga Dirut BUMD Pemkot Masih Kosong

Jumat, 28 Ags 2015 | 07.00 WIB

Tiga Dirut BUMD Pemkot Masih Kosong


CENTROONE.COM - Ada tiga perusahaan daerah milik Pemkot Surabaya sampai saat ini belum memiliki direktur utama definitive. BUMD milik pemkot itu adalah PD Pasar Surya, PR Rumah Potong Hewan Pegirikan dan PD Taman Satwa KBS. Sampai saat ini, ketiga dirut tersebut masih berstatus pelaksana tugas.

Namun bagi Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mazlan Mansur, definitive atau Plt, jabatan di sejumlah BUMD pemkot, tak ada pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Sebab, kendali penuh tetap ada di wali kota. Namun sebuah jabatan di BUMD (Dirut), sangat penting karena kewenangan Plt tak selayaknya dirut definitive.

“Perusahaan memang tak terganggu dengan adanya Plt, namun tak maksimal. Kebijakan strategis tak bisa diambil penuh Plt. Namun keputusan penting BUMD tetap ada di wali kota. Misalnya masalah sengketa lahan di KBS, masalah itu tak bisa diselesaikan PDTS KBS,” kata Mazlan.

Sementara, walau ada 14 nama hasil seleksi tim bersama badan pengawas (Bawas) dan sudah diserahkan ke pemkot bulan lalu, namun wali kota belum memutuskan siapa yang akan menduduki kursi nomor satu di sejumlah BUMD itu. “Kami ingin apa yang kami putuskan sudah berdasarkan konsultasi dengan pusat. Kini kami sedang menunggu surat balasan dari Kemendagri,” kata Kepala Bagian Perekonomian Surabaya Khalid.

“Harus ada solusi, tidak mungkin posisi direksi ini kosong sampai ada wali kota definitif. Kami berharap konsultasi dengan Kemendagri menghasilkan hasil positif,” terang Khalid.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra