Google Peringati Ultah Bapak Selancar Duke Kahanamoku

Senin, 24 Ags 2015 | 09.00 WIB

Google Peringati Ultah Bapak Selancar Duke Kahanamoku


CENTROONE.COM - Senin, (24/8/2015) Google Doodle memberikan penghormatan khusus untuk penemu olahraga selancar air, Duke Kahanamoku.  Lahir tanggal 24 Agustus 1890 dan meninggal 22 Januari 1968 dalam usia 77 tahun pemilik nama lengkap Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku ini adalah perenang legendaris asal Hawai, yang juga dikenal sebagai penemu surfing atau olahraga selancar.

Duke pertama kali memperkenalkan olah raga surfing/selancar di tahun 1914. Dalam perjalanannya ke Australia, Kahanamoku menyelipkan olah raga surfing di sela-sela kejuaraan renang. Baru tanggal 24 Desember 1914, Duke mempertunjukkan olah raga surfing/ selancar di pantai Sidney. Duke pertama kali membuat papan selancar dari pohon pinus, sampai sekarang papan selancar milik Kahanamoku masih disimpan di Freshwater Surf Club, Sidney. Duke juga dikenal sebagai orang yang pertama kali mempopulerkan surfing/selancar di Amerika Serikat.

Selain dikenal sebagai atlet berprestasi, salah satunya sebagai pemilik lima medali emas Olimpiade,  Duke adalah seorang pahlawan. Di tanggal 14 Juni, 1925, Duke Kahanamoku  menyelamatkan 8 orang dari 29 nelayan yang kapalnya terbalik di perairan Newport Beach California. Dengan menggunakan papan surfing, Kahanamoku melakukan perjalanan cepat bolak-balik ke bibir pantai untuk membawa nelayan dihantam arus ombak.

aksi heroik itu adalah salah satu penyelamatan super menggunakan selancar yang pernah ada. Mau tau lebih banyak soal Duke? Klik wajahnya di Google Doodle hari ini