WiFi Turun Naik? Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 02 Ags 2015 | 12.00 WIB

WiFi Turun Naik? Ini Cara Mengatasinya


Sebelum Anda memanggil ahli untuk mengatasi sinyal WiFi rumah Anda yang turun naik, ada baiknya mengecek cara-cara berikut. Karena, umumnya masalah ini berasal dari router* yang bekerja kurang optimal, dan hardware atau software pendukung yang lain.

Dikutip dari Gizmodo, berikut, 5 langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja router, dan membuat pengalaman internet Anda lancar tanpa halangan.

Tempat Strategis

Pada dasarnya router bertindak transceiver, yang bertugas mengirim data antara perangkat Anda dan modem. Dengan demikian, tugas router adalah memompa sinyal ke segala arah sekaligus. Namun terkadang, hal ini tak berlangsung dengan lancar, karena adanya penghalang. Seperti dinding, lantai, furniture, cermin dan benda logam, yang biasanya bahan ini bisa menyebabkan gangguan dan degradasi sinyal.

Misalnya, menaruh alat ini di luar dinding anda akan membuat jatah sinyal Anda berkurang sampai 50%. Tetangga Anda mungkin akan menghargai hal ini, tapi tidak pada Torrents Anda. Sebaliknya, posisi router di tengah ruang, adalah cara tepat untuk memaksimalkan efektivitas radius.

Mungkin Anda tak mungkin meningkatkan output daya router nirkabel, tapi Anda bisa mengefisienkan proses pengiriman datanya. Beberapa benda dari logam biasanya memiliki sifat mencerminkan sinyal WiFi. Dan Anda mungkin bisa membuat sendiri omni-directional antena. Salah satunya dengan bekas kaleng minuman yang dibentuk sedemikian rupa, sehingga memiliki bentuk cekungan lebar seperti antena pada umumnya.

NEXT