Ilmuwan Ciptakan Material Dengan Kekuatan Ala Wolverine

Kamis, 09 Jul 2015 | 22.00 WIB

Ilmuwan Ciptakan Material Dengan Kekuatan Ala Wolverine

ilustrasi


CENTROONE.COM -  Salah satu anggota X-Man , yang juga salah satu superhero ternama dunia Wolverine punya kekuatan menyembuhkan dirinya sendiri  yang biasa disebut healing factor.

Belakangan kemampuan untuk menyembuhkan diri itu diaplikasikan para ilmuwan dalam bidang teknologi, yang menghasikan suatu materi- campuran bahan kimia berbasis karbon, yang mampu memperbaiki diri sendiri saat mengalami lecet atau kerusakan.

Material itu awalnya dikembangkan untuk sayap pesawat. Material tersebut kini telah mampu mencapai 100 persen pemulihan kekuatan mekanik dalam beberapa kasus, dikembangkan oleh para ahli kimia di University of Bristol. 

Salah satu ilmuwan, Duncan Wass mempresentasikan temuan inovatif itu pada pertemuan Royal Society di London bulan  lalu.  " Kami mengambil inspirasi dari tubuh manusia.’ ‘Kita belum berevolusi untuk menahan kerusakan apa pun – jika kita seperti itu kita akan memiliki kulit  setebal badak – tapi jika kita terluka, kita berdarah, dan itu akan membentuk lapisan dan menyembuhkan. Kami  hanya menempatkan jenis fungsi yang sama itu ke dalam bahan sintetis"  ’ tukas sang ilmuwan seperti dilansir dari Metro, (8/7/2015).

 Material itu tidak hanya bakal digunakan di industri yang terkait dengan besi-logam dan cat, tapi juga digunakan dalam berbagai industri yang menggunakan lapisan kaca, seperti layar smartphone, serta kaca depan mobil.  Sementara itu produsen kosmetik ternama L'Oreal juga dikabarkan telah terlibat pembicaraan terkait pengembangan material ini untuk salah satu produk cat kuku mereka.

 oleh:William-editor:YL.antamaputra