Ke Pasar Pakai Rok, 2 Wanita Ditahan Polisi

Rabu, 08 Jul 2015 | 15.00 WIB

Ke Pasar Pakai Rok, 2 Wanita Ditahan Polisi

ilustrasi (IST)


CENTROONE.COM - Dua wanita berusia 23 dan 29 tahun di wilayah Inezgane, Maroko terpaksa meringkuk di balik dinginnya penjara akibat memakai rok di bulan Ramadhan. 

Penangkapan atas keduanya bermula saat, kedua wanita itu ke pasar dengan memakai rok. Di pasar, penampilan keduanya rupanya menari perhatian seorang pedagang. Akibat reaksi dari pedagang itu, pedagang dan orang -orang di pasar pun sontak ikut berkerumun melihat kedua wanita tadi.

Kerumunan itu menarik perhatian polisi, yang kemudian mengamankan keduanya.  "Kedua wanita itu diadili dengan undang-undang hukum pidana. Bila dinyatakan bersalah karena tampil tidak sopan atau tampil seronok di tempat umum, mereka bisa dibui maksimal 2 tahun," demikia seperti dilansir dari BBC, Rabu, (8/7/2015).

Penahanan kedua wanita tadi ditanggapi keras oleh para aktivis perempuan Maroko.  Para aktivis menggelar demo di depan Pengadilan sebagai tanda dukungan terhadai dua wanita apes tersebut.  Tak hanya demo, di dunia maya ribuan netizen menandatangani petisi online untuk mendukung kedua wanita tadi.


editor:YL.antamaputra