Mengenal Eiji Tsuburaya, Pencipta Godzilla dan Ultraman

Selasa, 07 Jul 2015 | 09.36 WIB

Mengenal Eiji Tsuburaya, Pencipta Godzilla dan Ultraman

EIji Tsuburaya di tengah set Godzilla (IST)


CENTROONE.COM - 7 Juli jadi hari istimewa bagi para penggemar  Ultraman - Godzilla. Pada tanggal inilah, kreator dua franchise superhero Jepang itu, Eiji Tsuburaya dilahirkan. Lahir pada 7 Juli 1901, Eiji Tsuburaya merupakan ahli spesial efek Jepang, yang sosoknya dianggap paling bertanggung jawab dalam melahirkan film-film fiksi ilmiah Jepang, termasuk Godzilla dan Ultraman.

Eiji Tsuburaya kecil, yang berada dalam pengasuhan nenek dan pamannya, tumbuh besar sebagai seorang penggemar berat model pesawat terbang, dan bercita-cita untuk menjadi penerbang. Namun sayang jalan hidup mengantarnya untuk bekerja di dunia perfilman pada tahun 1919. Pekerjaan pertamanya di dunia film adalah sebagai asisten sinematografer. Sementara spesialisasinya di dunia spesial efek mulai dikenal banyak orang pada tahun 1930 lewat film Chohichiro Matsudaira, dimana di film tahun 1930 tersebut Eiji menggunakan teknik penumpukan gambar untuk menghasilkan spesial efek.

Di masa perang dunia ke II, Eiji yang saat itu bergabung dengan Toho Tokyo Studio mensutradarai banyak film propaganda, yang tentunya dalam film-film tersebut spesial efek jadi suguhan utama Eiji. Bahkan, menurut salah satu cerita legenda dalam dunia film Jepang, spesial efek Eiji di film The War At Sea sangat terkesan nyata, dan membuat Jendral AS di Perang Dunia II, Douglas MacArthur lewat tim dokumentasinya mengambilnya video film itu. Potongan video film itu kemudian, dijual ke sutradar terkenal AS, Frank Capra, sebagai potongan gambar asli dari serangan Pearl Harbor, untuk digunakan dalam film dokumentasi.



klik next: Mengenal Asal Mula Lahirnya Godzilla

NEXT