Bukan Bonus, Di Perusahaan Ini Karyawan Hamil Malah Didenda

Senin, 06 Jul 2015 | 08.00 WIB

Bukan Bonus, Di Perusahaan Ini Karyawan Hamil Malah Didenda


CENTROONE.COM - Ketatnya program keluarga berencana di China, rupanya turut diterapkan oleh salah satu perusahaan di negara tersebut.  Perusahaan itu berencana membuat sebuah peraturan baru dimana para karyawan wanita, diminta menandatangani perjanjian kehamilan untuk mencegah mereka cuti hamil tanpa persetujuan perusahaan.

Dalam perjanjian itu, karyawan wanita perusahaan - simpan pinjam dan  kredit di Jiaozuo, di provinsi Henan - yang hamil di luar perjanjian bakal dikenai denda.  Rencana kemunculan perjanjian langsung memicu kontroversi di China dan jadi bahan omongan sejumlah media Negeri Panda tersebut. 

"Hanya para pekerja wanita yang sudah menikah yang telah bekerja untuk perusahaan selama lebih dari satu tahun dapat mengajukan permohonan untuk hamil dan melahirkan. Mereka yang setuju harus benar-benar menjaga diri dari kehamilan." demikian salah satu bunyi perjanjian yang sudah  didistribusikan  ke karyawan, seperti dilansir dari GbTimes, Senin, (6/7/2015). Belum ada tanggapan dari pihak pemerintah terkait hal tersebut.

oleh:William-editor:YL.antamaputra