Bencana Ala Film Armageddon Ancam Inggris

Sabtu, 04 Jul 2015 | 10.00 WIB

Bencana Ala Film Armageddon Ancam Inggris

ilustrasi


CENTROONE.COM - Masih ingat dengan film Armageddon? Dalam film itu diceritakan bagaimana Bruce Wills dan teman-teman berjuang menyelamatkan umat manusia dari ancaman asteroid yang bakal menabrak bumi. Bencana serupa, menurut para ilmuwan kini tengah mengancam Inggris.

Para ahli di University of Southampton lewat perangkat lunak canggih yang bisa memprediksi kapan dan di mana asteroid bisa menghantam bumi, memperingatkan sebuah batu ruang angkasa raksasa bisa jatuh ke Laut Utara atau Samudra Atlantik, menyebabkan tsunami yang menghancurkan. Sebagian besar pantai Inggris akan dihantam gelombang raksasa yang bisa menyapu daerah sekitarnya.  Ancaman itu, menurut tim ilmuwan tersebut bakal terjadi dalam 85 tahun ke depan.

"Kami telah menemukan sekitar 13.000 asteroid dan  500 diantaranya berpeluang menabrak bumi. Kami sekarang dapat menghitung di mana mereka bakal terjatuh dan kerusakan yang akan disebabkan sehingga kita bisa memikirkan rencana evakuasi." Ketika sebuah asteroid menyerang, salah satu masalah terbesar adalah tsunami. Inggris adalah sebuah pulau dengan banyak pantai, dan banyak orang tinggal di sana sehingga itu adalah risiko. " ujar Clemens Rumpf, seperti yang dilansir dari Telegraph. 

Tim ini juga telah menghasilkan peta lengkap yang  menunjukkan semua kemungkinan serangan astroid dan Eropa beresiko tinggi tertabrak asteroid. Sementara itu terkait hal ini, Dr Hugh Lewis, Dosen Senior jurusan Aerospace Engineering, di University of Southampton, mengatakan meski bencana yang diprediksi mirip film hollywood, namun dampak dan prediksi kerusakan adalah hal nyata. 

"Anda mungkin berpikir bahwa hal itu aneh karena kami adalah negara yang sangat kecil tapi kami memiliki kepadatan penduduk yang tinggi di pantai sehingga berarti kita rentan terhadap dampak terhadpa apa yang terjadi Samudera Atlantik.”


oleh:William-editor:YL.antamaputra