Kejagung Tingkatkan Kasus Bansos Sumut ke Penyidikan

Jumat, 31 Jul 2015 | 20.34 WIB

Kejagung Tingkatkan Kasus Bansos Sumut ke Penyidikan


CENTROONE.COM - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Raden Widyopramono mengungkapkan bahwa pihaknya telah meningkatkan kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) ke tahap penyidikan.

Menurutnya, peningkatan status penyidikan itu berdasarkan perkembangan yang dilakukan tim penyidik. "Kasus bansos yang ditangani Satgassus Jampidsus tengah dalam penyidikan," ucap Raden Widyopramono di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Menurut Widyo, tim penyidikan kasus bansos ini diketuai Victor Antonius. Pun demikian, Widyo belum mau menyebutkan siapa tersangka yang dijerat dalam kasus itu. "Tunggu saatnya, kami publikasikan siapa tersangkanya," ujar dia.

Bukan tanpa sebab hal itu disampaikan Widyo. Pasalnya, tim Satgassus tidak ingin terburu-buru ketika menetapkan seseorang sebagai tersangka. Informasi yang dihimpun, Korps Adhyaksa sudah mengantongi calon tersangka terkait kasus itu."Satgassus sangat teliti, dan hati-hati dalam penentuan tersangka. Dalam waktu singkat, kita akan melakukan pemeriksaan yang sangat intens terhadap hal itu," terang dia.

Terkait penangan kasus, Widyo tak memungkiri pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun bukan melimpahkan. Mengingat KPK telah menetapkan sejumlah tersangka dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait dugaan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan Sumut.

"Selama ini kita masih tangani kasus bansos dan jelas sudah penyidikan. Kita koordinasi supaya antara aparat penegak hukum bisa sejalan. Karena penegak hukum harus simultan, tidak boleh saling menjegal, dan mengesampingkan" tutur dia.

Terkait penyidikan yang dilakukan Kejagung, Widyo tak menampik bakal memeriksa sejumlah pihak. Pun termasuk Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho."Tunggu saatnya, yang jelas semua yang terlibat akan dilakukan suatu penindakan konkret. Kemungkinan saksi-saksi akan diperiksa di Kejaksaan," pungkas Widyo.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra