Geram Disinggung Pertemuan Gerry-Kabiro Keuangan Sumut

Jumat, 31 Jul 2015 | 19.00 WIB

Geram Disinggung Pertemuan Gerry-Kabiro Keuangan Sumut

Pengacara OC Kaligis (ANTARA)


CENTROONE.COM - Kubu OC Kaligis geram saat disinggung soal pertemuan di rumah makan yang disebut-sebut cikal bakal gugatan ke PTUN Medan yang diayangkan Kabiro Keuangan Pemprov Sumut Ahmad Fuad Lubis.

Kubu pengacara kondang enggan membeberkan soal pertemuan yang dihadiri salah satu anak buah OC Kaligis, M. Yagari Basthara alias Gerry. Kuasa hukum OC Kaligis, Johnson Panjaitan enggan membeberkan soal pertemuan tersebut. Bernada tinggi, Johnson justru menyarankan awak media mengkonfirmasi hal tersebut langsung ke Gerry. "Tanya sama Gerry, tanya ke Gerry. Tanya Gerry," cetus Jhonson di gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Jhonson "naik pitam" saat kembali disinggung soal pertemuan tersebut. Padahal, Gerry merupakan anak buah OC Kaligis di kantor hukum OC Kaligis & Associates. "Kamu ko pertanyaannya pertemuan rumah makan, pertemuan banyak kok yang ditanya cuma pertemuan rumah makan," tegas Jhonson masih dengan suara meninggi.

Jhonson pun enggan berkomentar saat disinggung apakah pertemuan di rumah makan itu inisiatif OC Kaligis selaku atasan Gerry. Pengacara OC Kaligis itu malah justru balik mempertanyakan awak media. "Anda ini wartawan atau hakim si sebenarnya. Sori gua nih pengacara udah lama, gua gak pernah gini komunikasinya sama wartawan yah. Gua gak pernah begini, maksud kalian apa. Gak tau, gak tau. Mana saya tau, di cerita juga belum, tinggal Gerry aja tuangkan di BAP-nya biar cepat-cepat berkas dibawa ke Pengadilan. Jangan setengah" cerita sama KPK, terus kalian konfirmasi, ini kan pengadilan di luar pengadilan," kata Jhonson.

Jhonson juga mengelak menceritakan soal asal muasal soal gugatan yang dilayangkan ke PTUN Medan. Pun termasuk saat disinggung soal "bisikan" OC Kaligis ke Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho untuk melakukan gugatan atas penyelidikan kasus dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial dan Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Sumatera Utara tahun anggaran 2012 dan 2013 yang diakukan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara ke PTUN Medan.

"Kalau anda ngomong kaya gitu, saya mau bilang Gubernur Sumatera Utara itu memang kontrak dengan kantor OC Kaligis, itu dari 2013 sampai 2018," tandas Jhonson.

Kolega dekat Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho di PKS, Mustafa sebelumnya mengakui adanya pertemuan yang dihadiri sejumlah pihak di sebuah rumah makan. Pertemuan itu terjadi sebelum Kabiro Keuangan Pemprov Sumut Ahmad Fuad Lubis melayangkan gugatan ke PTUN Medan.

Pengakuan itu disampaikan Mustafa usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka  sebagai saksi untuk tersangka M. Yagari Basthara alias Gerry, di gedung KPK, Rabu (30/7/2015) malam. Mustafa lantas menceritakan soal pertemuan yang disinyair sebagai cikal bakal gugatan tersebut. Menurut Mustafa, pertemuan itu dihadiri Gerry dan Fuad Lubis. Pertemuan itu juga dihadiri kolega separtai Mustafa yang juga merupakan kolega dekat Gatot, Zulkarnaen alias Zulkifli alias Zul Jenggot.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra