Pimpin Sertijab Kapolda Papua, Kapolri: Yotje Mende Dekati Pensiun

Jumat, 31 Jul 2015 | 12.28 WIB

Pimpin Sertijab Kapolda Papua, Kapolri: Yotje Mende Dekati Pensiun

Brigjen Paulus Waterpaw (kiri) dan Brigjen Royke Lumowa (kanan) mengikuti upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolda Papua dan Papua Barat di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/7). Paulus Waterpaw dilantik sebagai Kapolda Papua sementara Royke Lumowa sebagai Kapolda Papua Barat. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/


CENTROONE.COM - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti memimpin pergantian posisi kepala kepolisian daerah atau kapolda. Badrodin mengganti Kapolda Papua dari Irjen Pol Yotje Mende ke Brigjen Pol Paulus Waterpaw.

Sertijab digelar di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan Jumat (31/7/2015). Paulus Waterpaw sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat. "Sertijab ini adalah regenerasi. Yotje akan pensiun," kata Badrodin.

Badrodin berharap kepolisian daerah Papua yang dipimpin Paulus Waterpaw lebih bekerja dengan baik. Terlebih soal penanganan keamanan. Paulus Waterpaw dan jajarannya diharapkan berkomunikasi dengan baik kepada semua pihak dalam menyikapi sesuatu.

"Kalo ada kegiatan yg langgar hukum oleh kelompok kriminal bersenjata, ya pendekatan hukum. Jadi pergantian ini diharapkan bisa selesaikan persoalan. Baik yang terstruktur dan laten. Perlu strategi yang baik dan tepat untuk bisa bawa Papua lebih damai sehingga lebih aman dan pembangunan di papua bisa dipercepat agar masyarakat sejahtera," tandas Badrodin berpesan.

Berdasarkan Telegram Kapolri Nomor ST/195//VII/2015 tertanggal Kamis 30 Juli 2015, Brigjen Pol Paulus Waterpaw akan menggantikan Irjen Yotje Mende sebagai Kapolda Papua. Paulus sebelumnya berdinas sebagai Kapolda Papua Barat. Dalam surat telegram itu, Yotje Mende dimutasi sebagai perwira tinggi Yanma Polri dalam rangka pensiun.

Untuk posisi Kapolda Papua Barat, Kapolri menunjuk Brigjen Pol Rpyke Lumowa yang sebelumnya bertugas sebagai Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Daerah Konflik dan Kontijensi di Kementerian Koordinator Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputa