Berniat Hijrah ke Windows 10? Ini Caranya

Jumat, 31 Jul 2015 | 09.00 WIB

Berniat Hijrah ke Windows 10? Ini Caranya


CENTROONE.COM - Microsoft akhirnya resmi meluncurkan edisi terbaru dari OS WIndows, Windows 10.  Dirilis Rabu, (29/7/2015), Windows 10 tersedia di 190 negara, termasuk Indonesia.   Windows 10 bisa didapat gratis bagi pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 asli.

Jika Anda memang memiliki versi asli dari kedua Windows tersebut, sebaiknya Anda melakukan upgrade secepatnya. Microsoft hanya menyediakan upgrade gratis hingga satu tahun setelah peluncuran.

Namun tetap saja meski gratis mendapatkan Windows 10 tidak mudah. Microsoft memberlakukan antrean bagi PC yang kompatibel untuk upgrade ke Windows 10.  Untuk melakukan upgrade, langkah pertama adalah dengan masuk reservasi dan mengunduh file Windows 10 terlebih dahulu. Reservasi sangatlah mudah, cukup mengklik ikon Windows yang akan muncul di taskbar, yaitu di sebelah kanan bawah. Setelah itu, cukup mengklik "reserve your free upgrade".

Jika ingin mendapatkan konfirmasi reservasi, cukup dengan memasukkan email.  "Kami ingin memberikan setiap konsumen pengalaman upgrade yang bagus jadi kami meluncurkannya dalam cara yang terorganisir untuk mengendalikan permintaan yang tinggi dan memastikan upgrade tepat bagi perangkat Anda,"ujar Microsoft.

Bagi yang tak mau menunggu download, tak perlu khawatir. Pasalnya download Windows 10 akan terjadi secara diam-diam.  "Ketika Windows 10 sudah siap untuk perangkat Anda, maka akan diunduh di background. Anda akan mendapat notifikasi di hari atau minggu mendatang," tambah Microsoft.

Setelah Windows 10 sudah selesai diunduh, maka pengguna akan diberitahu untuk segera melakukan upgrade. Jika di satu sisi pengguna belum siap untuk upgrade, pengguna bisa menentukan kapan bisa memilih sendiri waktu kapan proses instalasi dilakukan.  bbs