Tarif Parkir Motor Lebih Dari Rp 1000, Mall Langgar Perda

Jumat, 31 Jul 2015 | 08.00 WIB

Tarif Parkir Motor Lebih Dari Rp 1000, Mall Langgar Perda


CENTROONE.COM - Ketua DPRD Surabaya Armudji berang dengan kenaikan tarif pakir di area milik swasta. Bahkan politikus PDI Perjuangan Surabaya ini menegaskan kenaikan itu tak ada payung hukumnya, sehingga masyarakat bisa menolak membayarnya.

Kenaikan tarif parkir di area swasta itu dinaikan secara sepihak. “Saya telah memantau beberapa mall , tarif parkir memang telah dinaikkan sebesar 100 persen. Masyarakat bisa menolak membayar karena kenaikan ini belum mempunyai payung hokum,” tegas Armudji.

Armudji menyebutkan dalam tarif resmi sebagaimana Perda Pajak Daerah, tarif parkir di area yang dikelola swasta sebesar Rp3.000 untuk mobil, Rp1.000 untuk sepeda motor dan Rp550 untuk sepeda. Namun dalam pantauannya pihak pengelola parkir saat ini telah menaikkan sampai 100 persen.

“Mobil jadi Rp6.000, sepeda motor Rp3.000 dan sepeda Rp1.000. Karena tak ada cantolan hukumnya, maka tak boleh dinaikan,” tegas dia.

Pada kesempatan tersebut Armudji meminta pemkot untuk menertibkan upaya pengelola area parkir swasta. “Seharusnya pemkot segera menertibkan, sekali lagi selama payung hukum belum ada, janganlah dinaikkan. Prosentase pajak ke pemkot juga kecil, 20 persen, jadi tidak perlu naik seperti ini,” tambah dia.

Masalah yang sudah dibahas Komisi B ini tak digubris pemkot. Untuk itu, kata Armudji, pihaknya bakal mengundang BPKP untuk mengaudit masalah pajak parkir ini.


oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra