Tersedia Gratis Untuk 1 Tahun, Windows 10 Resmi Hadir

Jumat, 31 Jul 2015 | 03.32 WIB

Tersedia Gratis Untuk 1 Tahun, Windows 10 Resmi Hadir


CENTROONE.COM - Microsoft akhirnya resmi meluncurkan edisi terbaru dari OS WIndows, Windows 10.  Dirilis Rabu, (29/7/2015), Windows 10 tersedia di 190 negara, termasuk Indonesia.  Microsoft mengklaim Windows 10 sebagai OS terbaik mereka, pasalnya sebelum resmi diluncurkan, Windows 10 sudah diuji lebih dari 2.000 perangkat yang berbeda.

Perubahan besar Windows 10, adalah kembalinya tombol Start di bagian kiri bawah layar seperti pada Windows 7 dan versi sebelumnya. Perusahaan juga menyediakan aplikasi peramban terbaru Microsoft Edge yang menggantikan Internet Explorer.

Selain itu, Microsoft juga telah menguji Windows 10 pada lebih dari 5.000 orang yang tergabung dalam Windows Insider Program.

"Windows Insider menjadi sebuah wadah bagi para pengguna Windows untuk menyampaikan kritik dan saran mereka pada kami. Dan dengan masukan yang kami dapatkan, kami dapat membuat Windows 10 menjadi OS yang lebih personal."Windows 10 adalah sebuah OS dari Anda, untuk Anda." President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro.

Andreas menjelaskan, Windows 10 untuk perangkat komputer tersedia dalam empat edisi, yaitu Home untuk pengguna rumah tangga, Pro untuk usaha kecil menengah, Enterprise untuk korporasi, dan Education untuk pelajar dan mahasiswa.

Windows 10 bisa didapat gratis oleh pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 asli selama setahun setelah peluncuran.  Namun tetap saja meski gratis mendapatkan Windows 10 tidak mudah. Microsoft memberlakukan antrean bagi PC yang kompatibel untuk upgrade ke Windows 10.  

Sistem operasi ini juga menyediakan edisi untuk perangkat mobile dan perangkat kecil lain. Ada Windows 10 IoT Core untuk perangkat ukuran kecil yang terhubung dengan Internet (Internet of Things). Lalu ada Windows 10 Mobile (sebelumnya Windows Phone) ditujukan kepada perangkat ponsel pintar, tablet, dan konsol game Xbox.

Windows 10 Mobile ini dioptimalkan untuk navigasi layar sentuh pada aplikasi perkantoran Office dan dukungan Continuum, sebuah fitur yang memungkinkan ponsel pintar menjadi sebuah komputer pribadi Windows 10 jika dihubungkan ke layar dengan kabel HDMI.

Edisi terakhir, Microsoft menawarkan Windows 10 Mobile Enterprise untuk korporasi besar dengan lisensi sistem operasi pada perangkat ponsel pintar dan tablet. Namun, rilis sistem operasi untuk perangkat mobile ini tidak bersamaan dengan Windows 10 untuk komputer pribadi.bbs