Pendaftaran Bakal Calon Pilkada di 13 Daerah Diperpanjang

Jumat, 31 Jul 2015 | 03.00 WIB

Pendaftaran Bakal Calon Pilkada di 13 Daerah Diperpanjang

Suami Arumi Bachsin yang juga calon bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak (kiri) dan Mochamad Nur Arifin (tengah) menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua KPU Trenggale Suripto (kanan) di kantor KPU Trenggalek, Jawa Timur, Senin (27/7). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko


CENTROONE.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay memastikan 13 daerah akan mengikuti masa perpanjangan pendaftaran bakal calon pilkada serentak tahun 2015. Perpanjangan pendaftaran di 13 daerah itu menyusul pasangan bakal calonya kurang dari dua sebagaimana persyaratan yang telah ditetapkan.

Ke 13 daerah dengan pasangan bakal calon tunggal adalah, Kabupaten Minahasa Selatan (Sulawesi Utara), Kabupaten Asahan (Sumatera Utara), Kabupaten Serang (Banten), Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat), Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah), Kota Samarinda (Kalimantan Timur), Timor Tengah Utara (Nusa Tenggara Timur), Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat) dan  Kabupaten Pegunungan Arfart (Papua Barat). Sementara daerah yang masih kosong dari pasangan bakal calon adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Sulawesi Utara).

"Ada koreksi bukan 15 daerah tapi 13 terdiri dari 12 daerah dengan satu pasangan bakal calon dan 1 daerah belum ada pasangan bakal calon. Perpanjangan pendaftaran dari 1 hingga 3 Agustus 2015," ucap Hadar Nafis Gumay di kantor KPU, Jakarta, Kamis (30/7/2015) malam.

Hadar mengakui adanya koreksi menyangkut daerah yang akan menggelar perpanjangan masa pendaftaran bakal pasangan calon antara lain disebabkan oleh kendala komunikasi. "Mohon dimaklumi, kami ada titik 269 infrastruktur komunikasi belum sempurna, belum lagi di daerah itu. Kami dapat data berjenjang di provinsi, nah provinsi belum akurat dari kabupatennya," tandas Hadar.

Komisioner KPU lainnya, Ferry Kurnia Riskyansyah mengungkapkan bahwa pihaknya secara prosedural sudah menyiapkan mekanisme mengenai perpanjangan masa pendaftaran. Menurutnya, tinggal keseriusan partai dalam penjaringan dan rekrutmen. "KPU sudah sangat jelas," kata Ferry.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra