Windows 10 Sambut Hangat Aplikasi Android - iOS

Jumat, 31 Jul 2015 | 07.00 WIB

Windows 10 Sambut Hangat Aplikasi Android - iOS

Windows 10 di tablet (IST)


CENTROONE.COM -  Microsoft akhirnya resmi meluncurkan edisi terbaru dari OS WIndows, Windows 10.  Dirilis Rabu, (29/7/2015), Windows 10 tersedia di 190 negara, termasuk Indonesia.    Selain untuk PC, Windows 10 juga tersedia untuk perangkat mobile yakni Windows 10 Mobile (sebelumnya Windows Phone) untuk perangkat ponsel pintar, tablet, dan konsol game Xbox.

Windows 10 Mobile ini dioptimalkan untuk navigasi layar sentuh pada aplikasi perkantoran Office dan dukungan Continuum, sebuah fitur yang memungkinkan ponsel pintar menjadi sebuah komputer pribadi Windows 10 jika dihubungkan ke layar dengan kabel HDMI.  Tidak hanya itu Windows 10 mobile juga memungkinkan operasi aplikasi Android - iOS. 

“Karena memang Microsoft memungkinkan developer (pengembang) untuk porting aplikasi dan disediakan di Windows Store dan untuk memperluas pasar mereka,” ujar  Windows Business Group Lead Microsoft Indonesia, Lucky Gani beberapa waktu lalu.

Dari sisi Android, Microsoft memungkinkan pengembang untuk memakai bahasa pemrograman Java dan C pada Windows 10. Sementara untuk iOS mereka bisa pakai Objective C.

Sistem operasi Windows 10 Mobile, yang akan menggantikan Windows Phone, saat ini belum diluncurkan secara resmi oleh Microsoft. Besar kemungkinan sistem operasi untuk ponsel pintar, tablet, dan konsol game Xbox ini diharapkan meluncur pada akhir 2015. bbs