Membangun Seks Setelah Melahirkan

Jumat, 31 Jul 2015 | 12.00 WIB

Membangun Seks Setelah Melahirkan


Mayoritas ibu baru butuh waktu 6 bulan sejak melahirkan untuk kembali bermesraan dengan suaminya. Ada beberapa yang lebih cepat, tapi itu tergantung dari pengalaman melahirkan dan interaksi mereka dengan si bayi selama minggu pertama.

Dikutip dari laman working mother mengungkapkan, bila kesehatan fisik dan emosional juga berperan dalam lama-tidaknya si ibu untuk kembali aktif. Nyeri pada vagina atau luka bekas operasi caesar, inkontinensia urin atau feses, perdarahan yang tidak teratur dan takut hamil lagi lebih mudah diatasi dengan menemui dokter.

Yang repot adalah menangani masalah emosional, seperti postpartum depression yang memerlukan penanganan konseling dan obat atau rasa percaya diri yang hilang akibat bentuk tubuh yang berubah.

Jadi, bagaimana caranya untuk kembali bergairah? Anda bisa minta dokter untuk meresepkan vaginal estrogen cream, atau pelumas yang banyak dijual di apotek. Kedua produk ini membantu Anda untuk memberikan rasa nyaman pada vagina saat berhubungan intim, karena ibu baru terutama yang menyusui, sering mengalami kekeringan.

Gunakan krim estrogen ini kurang lebih dua kali sehari selama beberapa bulan untuk membantu kemampuan vagina memproduksi pelumas alami. Tapi, untuk kasus kedua yang Anda butuhkan hanyalah diri sendiri.

Ingat, hanya perempuan yang nyaman pada dirinya, yang mampu merasa dirinya menarik dan menikmati semua aspek dalam kehidupannya.

Editor: Ary Nugraheni