Siapa Sebenarnya Zul Jenggot ?

Kamis, 30 Jul 2015 | 05.00 WIB

Siapa Sebenarnya Zul Jenggot ?


CENTROONE.COM - Nama mantan anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) asal PKS, Zulkarnaen alias Zul 'Jenggot' mengemuka seiring proses penyidikan kasus dugaan suap ke hakim dan panitera PTUN Medan. 

Kolega dekat Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho itu diduga ikut berandil dalam kasus dugaan suap tersebut. Kader PKS, Mustafa membenarkan bahwa Zul 'Jenggot' merupakan teman dekatnya dan Gubernur Gatot.

Dia mengakui bahwa Zul 'Jenggot' pernah menjabat sebagai anggota Komisi C DPRD Sumut asal PKS. "Iya. Iya," kata Mustafa mengungkap sosok Zul 'Jenggot' usai menjalani pemeriksan sebagai saksi untuk tersangka M. Yagari Basthara alias Gerry, di gedung KPK, Rabu (30/7/2015) malam.

Menurut informasi yang dihimpun, Zul 'Jenggot' disinyalir merupakan pihak yang menjadi penyandang dana suap untuk hakim dan panitera PTUN Medan. Suap itu disinyalir untuk pemulusan gugatan yang dilayangkan Kabiro Keuangan Pemprov Sumut Ahmad Fuad Lubis di PTUN Medan.

Meski mengaku mengenal dekat, Mustafa mengklaim tak mengetahui soal keterlibatan Zul Jenggot dalam kasus suap itu. Dia juga mengkaim tak mengtahui soal kabar Zul Jenggot jadi 'sponsor' suap tersebut. "Enggak, ngga tahu saya," imbuh Mustafa.

Plt Wakil Ketua KPK, Johan Budi SP memastikan bahwa pihaknya terus mengembangkan perkara tersebut. Penetapan status tersangka dalam kasus ini dipastikan tidak hanya berhenti di Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya, Evi Susanti. "Iya dikembangkan (mencari sumber uang suap). Penetapan terhadap dua tersangka GPN (Gatot Pujo Nugroho) dan ES (Evi Susanti) belum berhenti pengembangan terhadap pihak yang terlibat," tegas Johan.

Ditegaskan Johan, KPK akan menindak tegas pihak-pihak yang terbukti terlibat di kasus ini. Pun termasuk menjerat Zul 'Jenggot' sebagai tersangka selanjutnya. "Dasarnya bila penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup bahwa ada pihak-pihak lain maka diproses juga," ungkap Johan.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra