Manfaat Nyemil Kismis

Kamis, 30 Jul 2015 | 09.10 WIB

Manfaat Nyemil Kismis


Ohio-Menurut jurnal kesehatan yang dilansir Lousville Metabolic and Atherosclerosis research center meski manis, ternyata, konsumsi kismis tiga kali sehari bisa membantu penderita tekanan darah tinggi.

Menurut lembaga penelitian yang terletak di Ohio Amerika Serikat ini, kismis mampu menurunkan tekanan darah rata-rata sampai 10mmHG, bagi mereka yang memiliki tekanan darah diatas 140/90mmHg.

Kismis terbuat dari anggur yang dikeringkan. Makanan jenis ini banyak berkembang di negri mediterania yang kemudian banyak berkembang di Eropa setelah diperkenalkan oleh bangsa Yunani. Anggur yang dikeringkan membuat gula yang ada dialamnya terkristalisasi, membuat permukaan kismis menjadi kisut dan kasar.

Berbeda dengan Gula pada umumnya, rasa manis pada kismis merupakan gula alami yang memiliki sifat glikemik cukup tinggi, sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu jenis pemanis yang ada dikismis mengandung glukosa dan fruktosa. Bahan yang baik untuk meningkatkan dan menajamkan kemampuan memori otak dan mencegah kepikunan. Karena pada dasarnya otak memerlukan konsumsi gula yang kuantiti, dan kismis mampu melakukanya.

Selain itu buah yang diawetkan secara alami ini juga mengandung Boron, zat yang membatu penyerapan kalsium dengan baik untuk mencegah osteoporosis. Meski demikian, konsumsi kismis berlebih juga sangat tidak disarankan, karena bisa mengakibatkan diabetes.

 

Oleh : Adi Cahyo