KPU Tolak Permintaan Golkar

Selasa, 28 Jul 2015 | 21.30 WIB

KPU Tolak Permintaan Golkar


CENTROONE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  mengingatkan semua partai yang akan ikut pilkada serentak Desember 2015 mendatang untuk mematuhi semua aturan.

Tak terkecuali Partai Golkar. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengingatkan partai berlambang pohon beringin itu untuk mematuhi semua aturan terkait pelaksanaan pilkada serentak. Hal itu ditekankan Husni lantaran Partai Golkar meminta ada kelonggaran waktu pendaftaran bakal calon kepala daerah.

Husni menegaskan, KPU tidak bisa mengabulkan permintaan partai Golkar. Sebab, hal itu berbenturan dengan peratutan yang ada. Terutama, dalam tahapan pencalonan tentu merujuk pada PKPU Nomor 12 Tahun 2015. "Di mana, batas pendaftaran itu hari ini dan jelas diatur Jam 16.00 WIB apabila pada jam tersebut pasangan calon beserta pengusungnya, untuk parpol dan gabungan parpol, tidak hadir, maka tidak diterima," tegas Husni di KPU, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Dua politikus Partai Golkar, Idrus Marham dan Nurdin Halim diketahui mendatangi KPU di menit-menit akhir waktu pendaftaran calon kepala daerah. Dalam pertemuan ini, keduanya meminta agar KPU memberikan kelonggaran waktu kepada partainya dalam hal pendaftaran bakal calon.

Sebab, ada beberapa persyaratan yang belum dilengkapi oleh bakal calon partainya lantaran adanya dualisme kepengurusan. Namun hal berbeda apabila para calon atau perwakilan partai hadir. "KPU masih mentolerir adanya proses penyusulan dokumen, tetapi harus hari ini juga tuntas, tidak boleh melampaui hari ini," tandas Husni.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra