AKBP Suroso Dicopot dari Posisi Kapolres Tolikara

Senin, 27 Jul 2015 | 20.52 WIB

AKBP Suroso Dicopot dari Posisi Kapolres Tolikara

AKBP Suroso Kapolres Tolikara


Centroone.com - AKBP Suroso dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Tolikara, Papua. Suroso dicopot pascainsiden penyerangan umat muslim yang tengah Salat Idul Fitri.
Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso membenarkan pencopotan tersebut. Menurut Budi Waseso, Kepala Polda Papua Irjen Yotje Mende mencopot Suroso dan menggantikannya dengan AKBP Musa Korwa. Serah terima jabatan dipimpin Waka Polda Papua Brigjen Rudolf Roja di aula Rastra Samara Polda Papua di Jayapura, Senin (27/7/2015).
"Ya, ya kan hari ini sudah dilakukan oleh Kapoldanya ya," ujar Budi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.
Lelaki yang akrab disapa Buwa ini memastikan bahwa pergantian itu sudah melalui penilaian Kapolda dan dilaporkan kepada Kapolri. Kapolda Papua, ditegaskan Buwas, tidak asal mengganti jabatan Kapolrestro.
"Saya kira tidak asal copot ya, karena pasti ada prosesnya, ada penilaian dan itu pasti dibuat satu timnya pengkajian," tutur Buwas.
Buwas tak menampik bahwa pencopotan ini berkaitan dengan insiden penyerangan saat Salat Idul Fitri, di Tolikara. Pun demikian, sambung Buwas, pergantian tidak menjadi permasalahan dan sebagai wujud pertanggungjawaban seorang pimpinan di wilayah.
"Ya, saya kira bisa saja, dalam pengambilan keputusan ya kan. Itu kan bisa saja ada keteledoran, kelalaian, yang berdampak kepada (peristiwa) kemarin. Tidak ada masalah, itu biasa saja dan itu bagus saya kira," tandas Buwas.
 
Oleh : Rangga Tranggana / Editor : Adi Cahyo