Hari Ini Pansel "Full" Gali Kepribadian Capim KPK

Senin, 27 Jul 2015 | 15.57 WIB

Hari Ini Pansel

Ilustrasi KPK (foto : ist)


Centroone.com - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan tes tahap III atau profile assessment terhadap 48 calon pimpinan KPK, Senin (27/7/2015). Mereka yang mengiktui tes tahap III ini akan digali kepribadiannya selama 1 hari ini.
"Hari ini full akan ada test asessment. Fokus pada penggalian (kepribadian) yang ada," kata Ketua Pansel Capim KPK disela-sela tes profile assessment di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Kesehatan, Jalan Hang Jebat Raya, Jakarta Selatan,‎ Senin (27/7/2015).
Para peserta, kata Destry, akan mengikuti diskusi interaktif untuk hari kedua. Mereka juga akan melakukan presentasi serta wawancara dengan pansel.
"Besok tes akan dibagi tiga kelompok, mereka akan rotasi ke grup-grup. Satu (grup) kemampuan kompetensi dasar, lalu kopetensi hukum, dan leadirsihip," terang Destri.
Tak hanyaitu, mereka juga telah diminta menyerahkan cv dan rekening tabungan miliknya. Nantinya Pansel akan mengecek cv dan rekening milik para peserta itu.
"Mereka telah memberikan cv dan rekning tabungan yang mereka miliki," tutur Destri.
Namun belum diketahui berapa orang yang akan dipilih dari 48 calon tersebut dalam tes profile assessment ini. Mereka yang lolos nantinya akan me‎lakukan tes kesehatan dan selanjutnya tes wawancara.
Pansel seteah itu akan memilih 8 orang untuk diserahkan ke Presiden yang selanjutnya akan mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Delapan nama tersebut nantinya akan diduji bersamaan dengan 2 nama capim lain yang pada tahun lalu sudah lolos dalam proses seleksi terpisah, yakni Busyro Muqqodas dan Robi Arya Brata.
 
Oleh : Rangga Tranggana / Editor : Adi Cahyo