Tetapkan 15 Tersangka, Kejati DKI Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Dahlan Iskan

Senin, 27 Jul 2015 | 10.01 WIB

Tetapkan 15 Tersangka, Kejati DKI Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Dahlan Iskan

Dahlan Iskan (foto : ist)


Centroone.com - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan yang diajukan mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan. Sidang akan dipimpin oleh Hakim Tunggal Lendriaty Janis.
Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksan Tinggi DKI Jakarta, Waluyo menegaskan bahwa pihaknya siap menghadapi gugaan praperadilan mantan Menteri BUMN tersebut. Waluyo mengklaim kesiapan menghadapi gugatan Dahlan ini lantaran pihaknya sebelumnya telah menetapkan 15 orang menjadi tersangka dalam kasus mega proyek gardu listrik senilai Rp 1,063 triliun itu.
"Sejak menetapkan DI (Dahlan Iskan) sebagai tersangka Kejati sudah siap apabila DI mengajukan langkah hukum (praperadilan). Karena penetapan DI menjadi tersangka bukan yang pertama. Dan sebelumnya Kejati telah menetapkan 15 tersangka dalam perkara GI," ucap Waluyo saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (27/7/2015).
Bos Jawa Pos Grup itu sebelumnya telah mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jakarta Selatan atas penetapan tersangka terhadap dirinya dalam kasus dugaan korupsi pembangunan 21 Gardu Induk (GI) di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara tahun 2011-2013 yang tengah ditangani Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Jumat 3 Juli 2015 lalu.
Dahlan menjadi tersangka ke-16 selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam proyek yang sementara dinilai merugikan negara Rp 33 miliar. Kejati DKI menjerat Dahlan dengan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
Oleh : Rangga Tranggana / Editor : Adi Cahyo