Ingin Tau Kualitas Bau Mulut ? Ini Caranya

Senin, 27 Jul 2015 | 12.00 WIB

Ingin Tau Kualitas Bau Mulut ? Ini Caranya

Mengetes bau mulut dengan tangan adalah cara yang salah (foto : ist)


Centroone.com – Salah satu hal yang membuat banyak orang kerap merasa minder saat bertemu orang lain adalah masalah bau mulut. Selama ini menghembuskan nafas dengan tangan kerap dilakukan untuk mengetahui kualitas bau mulut, namun efektifkan hal ini dilakukan ?
Pada dasarnya, bau mulut tak dapat dideteksi dengan hanya sekedar menghembuskan nafas ke tangan lalu langsung membaunya dengan hidung. Karena hal ini tak dapat mendeteksi apakah nafas kita sedang bau atau tidak.
Beberapa pakar sempat meneliti kemungkinan nafas bau dan cara mengetahuinya. Diantaranya dengan menjilat belakan sendok. Setelah bagian tersebut kering, Anda kemudian bisa mencium bagian yang terjilat tadi.
Menurut dokter Uchenna Okoye dari London Smiling Dental Group dan Oral B smile director, jika bau, berarti nafas Anda saat itu sedang bau. Selama ini orang kerap salah menggunakan tangan untuk mengetes bau mulut mereka. Karena hal ini kerap bercampur dengan bau tangan seseorang.
Cara lain untuk mengetahui bau mulut adalah dengan mencium benang setelah membersihkan sisa makanan di gigi.
Cara lain mendeteksi bau mulut adalah dengan melihat warna lidah. Warna merah muda di lidah. Menurut Okoye, lidah berlapis warna putik kerap menjadi indikasi kualitas bau mulut tidak baik. meski secara alamiah, orang kerap memiliki warna lidah putih.
Dalam dunia medis, bau mulut kerap dikenal dengan nama halitosis. Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya bakteri.
Selain itu, menurut Luke Thorley munculnya bau mulut juga kerap disebabkan oleh dehidrasi karena olahraga terlalu berat. Hal ini yang kerap menjelaskan kenapa orang berpuasa kerap mengalami bau mulut.
 
Oleh : Adi Cahyo