Ribuan Pelari Meriahkan Gelar Sarong Fun Run

Minggu, 26 Jul 2015 | 11.00 WIB

Ribuan Pelari Meriahkan Gelar Sarong Fun Run

Perhelatan lomba lari sarung (Windhi/Centroone)


CENTROONE.COM - Dalam rangka menyambut Muktamar NU ke-33 di Jombang, di Surabaya digelar Sarong Fun Run. Marathon sejauh 4 kilometer yang diikuti peserta wajib mengenakan sarung ini digelar NU Jatim. Sebanyak 5.000 pelari mengikuti Sarong Fun Run.

Menurut Wakil Gubernur Jatim yang juga Panitia Pelaksana Syaifullah Yusuf, acara marathon ini bagian dari rangkaian acara Muktamar NU ke-33.

Acara yang digelar Minggu (26/7/2015) pagi ini tak saja diikuti pelari muda, tapi juga para usia lanjut dan anak-anak. Para pelari ini tak saja dari TNI/POLRI tapi juga diikuti peserta dari masyarakat umum. Acara ini berlangung meriah sehingga lapangan Kodam V/Brawijaya pun dipenuhi para pelari.

“Sarung yang dipakai peserta boleh dikenakan layaknya orang memakai sarung, boleh juga diikatkan dipinggang, diselempangkan atau diikatkan di kepala. Yang penting, seluruh peserta harus mengenakan sarung,” tandas Gus Ipul, sapaan akrab wakil gubernur Jatim ini.

Rute lari itu melewati kawasan pusat kota. Sejauh 4 kilometer, pelari harus melalui Jl Gunungsari, Jl Raya Darmo, menuju KBS, Jl Stail lalu kembali ke kawasan lapangan Kodam V/Brawijaya.

Saat itu, sebanyak 200 peserta yang lebih dulu mencapai titik finish, langsung mendapatkan medali dari panitia. Sementara seluruh peserta juga bisa mengikuti undian dari panitia yang menyediakan sepeda motor.

Menurut Gus Ipul, Sarong Fun Run ini sengaja diadakan hanya untuk melestarikan budaya masyarakat Indonesia yang biasa menggunakan sarung dalam beragam aktivitas. Namun hal ini dipadukan dengan marathon yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat.   Pelari di Sarong Fun Run dalam rangka Muktamar NU ke-33.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra