Merawat Rambut dengan Bikinan Sendiri

Minggu, 26 Jul 2015 | 04.30 WIB

Merawat Rambut dengan Bikinan Sendiri


Telur, yoghurt, dan madu adalah komponen menu sarapan yang bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Namun, tak hanya tiga item itu saja yang dapat digunakan, masih banyak bahan-bahan lain yang dapat dipakai untuk merawat rambut. Siap menghemat biaya untuk perawatan rambut? Berikut tips sederhananya.

Untuk semua jenis rambut

Telur benar-benar merupakan komponen terbaik untuk segala resep. Tak terkecuali resep perawatan rambut. Kuning telur, mengandung kaya lemak dan protein. Merupakan pelembab alami. Sedangkan putih telur mengandung bakteri pemakan enzim. Dimana secara alami menghilangkan minyak yang tak diinginkan. 

Cara penggunaan: Untuk rambut normal, gunakan seluruh isi telur. Gunakan putih telur, hanya untuk merawat rambut berminyak. Sedangkan kuning telur hanya untuk melembabkan rambut kering atau rapuh. Gunakan ½ cangkir campuran telur, atau sesuai kebutuhan untuk melapisi kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 20 menit, bilas dengan air dingin dan sampo rambut.

Untuk perawatan menggunakan seluruh isi telur dapat diterapkan sebulan sekali. Sedangkan untuk perawatan menggunakan putih telur hanya dapat diterapkan setiap dua minggu.

Untuk rambut kusam

Produk susu seperti krim asam dan yoghurt dapat membantu membalikkan kerusakan pada rambut.

Cara penggunaan: Pijat ½ cangkir krim asam atau yoghurt ke rambut basah, dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat, diikuti dengan air dingin, lalu keramas seperti biasa. Perawatan ini dapat diterapkan setiap minggu.

Untuk kulit kepala gatal

Untuk melawan ketombe yang disebabkan oleh pola makan yang buruk, stres dan cuaca, bisa mencoba jus lemon dan campuran minyak zaitun pada rambut Anda. Tingkat keasaman dalam jus lemon membantu membersihkan kulit kepala. Sementara minyak zaitun berperan untuk melembabkan.

Cara penggunaan: Campur 2 sendok makan jus lemon segar, 2 sendok makan minyak zaitu dan 2 sdm air. Pijat ke kulit kepala. Biarkan campuran bahan selama 20 menit, lalu bilas dan bersihkan dengan sampo. Perawatan dapat diterapkan setiap minggu.

Untuk rambut halus

Untuk menambahkah volume rambut, minuman fermentasi bisa dijadikan alternatif. Seperti menggunakan bir dengan kadar alkohol yang rendah.

Cara penggunaan: Tuang ½ cangkir bir ke dalam wadah dan biarkan selama beberapa jam untuk menguras karbonasi. Campur dengan 1 sdt minyak ringan (bunga matahari atau canola) dan telur mentah. Terapkan untuk membersihkan rambut, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Atau tambahkan bir untuk disemprotkan ke rambut yang kering. Perawatan dapat diterapkan setiap minggu .

Untuk rambut kering atau rusak

Kondisi rambut kering akibat air kaporit, paparan matahari berlebih, madu bisa jadi solusinya.

Cara penggunaan: Pijat sekitar ½ cangkir madu ke rambut yang basah, diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan 1 – 2 sdm minyak zaitun untuk dicampurkan pada madu. Untuk rambut yang sangat rusak karena sinar matahari, coba campuran madi dengan 1 – 2 sdm bahan kaya protein, seperti alpukat atau kuning telur. Dimana, akan membantu mengisi obligasi protein keratin akibat serangan sinar UV. Perawatan dapat diterapkan sebulan sekali.

Untuk rambut berminyak

Jika digunakan dengan benar, tepung jagung bisa menjadi cara murah untuk menghilangkan minyak dan  lemak pada rambut.

Cara penggunaan: Tuangkan 1 sdm tepung jagung atau maizena ke dalam serbuk garam atau merica. Kemudian taburi ke rambut kering dan kulit kepala. Setelah 10 menit, gunakan sisir sikat. Perawatan dapat diterapkan setiap hari.

Untuk rambut keriting

Alpukat bukan hanya digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak saja. Minyak yang ringan dan kelembaban seperti sekresi kulit alami kita sendiri, dan protein yang kaya merupakan kombinasi terbaik. Sebagai nutrisi untuk menghaluskan dan membenahi rambut yang sulit diatur.

Cara penggunaan: Lumat setengah alpukat dan pijat ke rambut dan kulit kepala yang bersih dan dalam kondisi basah. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air. Sebagai pelembab, bisa menggabungkan alpukat dengan 2 sdm yoghurt, kuning telur atau mayones. Perawatan dapat diterpakan setiap dua minggu.

 

Oleh: RR