Aktor Intelektual Insiden Tolikara Masih Misteri

Jumat, 24 Jul 2015 | 18.31 WIB

Aktor Intelektual Insiden Tolikara Masih Misteri

Salah seorang tersangka (memakai masker penutup muka) dalam kasus penyerangan umat Islam di Kabupaten Tolikara dikawal petugas saat menaiki tangga pesawat yang akan membawanya ke Jayapura untuk menjalani pemeriksaan di Bandara Wamena, Papua, Jumat (24/7). ANTARA FOTO/Rico Siregar/Rei/nz/15.


CENTROONE.COM - Siapa aktor intelektual dibalik insiden Tolikara, Papua hingga saat ini masih tanda tanya. Pihak kepolisian selain tersangka yang sudah dibekuk, belum dapat membeberkan siapa 'otak' dibalik kerusuhan itu.

Kepala kepolisian republik Indonesia (kapolri) Jendral Badrodin Haiti mengatakan, pihaknya masih mendalami aktor intelektual dibalik kerusuhan tersebut. "Aktor intelektual akan kami selidiki," kata Badrodin Haiti, Jumat (24/7/2015).

Selain mendalami soal adanya aktor intelektual dibalik pembakaran itu, pihak kepolisian juga tengah melakukan verifikasi soal adanya keterlibatan asing dibalik kasus yang terjadi pada awal hari raya idul fitri itu.

Polisi juga masih akan terus mendalami soal otak dibalik perubahan proposal yang semula dibuat tanggal 22 hingga 27 Juli menjadi tanggal 13 hingga 17 Juli. Termasuk soal kemungkinan keterlibatan kelompok bersenjata seperti organisasi papua merdeka (OPM).  "Kemudian masalah aktor intelektual, tentu saya mengatakan kalau dari asing harus ada pengajuan proposalnya. Setelah kita minta persyaratannya tidak dipenuhi. Kalau kehadiran orang asing perlu saya verifikasi dulu," terang dia.

Lebih lanjut diungkapkan Badrodin, pihaknya juga masih menyelediki lebih dalam lagi soal kepengurusan baru gereja injil Indonesia (GIDI). "Presiden GIDI sebelumnya bagus NKRI-nya. Nah yang ini yang agak sering terpengaruh dengan kelompok-kelompok itu. Makanya disitu bisa kelihatan. Kita akan selidiki lagi dari semua pelaku-pelaku yang sudah kami tangani," tandas Badrodin.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra