Tips Aman mengganti BBM Premium ke Pertalite

Jumat, 24 Jul 2015 | 10.33 WIB

Tips Aman mengganti BBM Premium ke Pertalite

Pertalite Telah Resmi Dijual di SPBU


PT Pertamina telah meluncurkan BBM jenis baru yang akan menggantikan Premium, bernama Pertalite. Dalam hal kualitas, Pertalite memiliki komposisi lebih baik ketimbang Premium.

BBM jenis ini memiliki Oktan RON 90, berada di antara Premium (RON 88) dan Pertamax (RON 92). Bila mobil anda hendak ganti bahan bakar dari Premium ke Pertalite, perhatikan hal ini.

Kemampuan adaptasi mobil dalam penggunaan RON berbeda-beda tentunya, sehingga tidak dapat digeneralisasikan. Cara yang paling efektif untuk menyesuaikan mesin Anda dengan Pertalite, ialah melihat sistem pengolahan bahan bakar dan pengapian pada mobil Anda.

Pada umumnya mobil terbagi menjadi tiga sistem pengolahan bahan bakar. Sistem mekanikal, Semi komputerisasi, dan full komputerisasi. Pada mobil yang masih menggunakan sistem mekanikal, penyetelan pun dilakukan dengan cara manual. Ciri-ciri mobilnya di produksi tahun 1990 ke bawah dan masih menggunakan karburator dan platina.

Untuk mobil-mobil yang dilansir tahun 1990 sampai 1999, biasanya menggunakan sistem semi komputerisasi. Dalam hal ini, knock sensor sebagai indikator terjadinya knocking belum sepenuhnya diatur oleh komputer. Sehingga penyetelan secara mekanis dan komputerisasi pun dilakukan untuk menyesuaikan pembakaran yang sempurna.

Namun, lain hal-nya dengan mobil yang dilansir tahun 2000 ke atas. Pada umumnya mobil ini telah menggunakan sistem full komputerisasi. ECU berperan penting dalam mengatur suplai bahan bakar yang masuk dan oksigen (O2) pada proses pembakaran. Penyetelan yang dilakukan pun full komputerisasi.